DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 18:39 WIB

H-1 Pendaftaran Caleg, Hanya 3 Partai Penuhi Syarat KPU Surabaya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
H-1 Pendaftaran Caleg, Hanya 3 Partai Penuhi Syarat KPU Surabaya KPU Surabaya/Foto: Zainal Effendi
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Surabaya - H-1 menjelang penutupan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) Pileg 2019 DPRD Kota Surabaya, ada 11 partai yang belum mendaftar. Baru tiga partai yang dokumennya sudah lengkap.

"Yang lain belum menyerahkan ada 11 partai politik belum menyerahkan. Untuk Surabaya sampai H-1 ada tiga partai yang sudah menyerahkan dokumen pencalonan DPRD kota Surabaya," ujar Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi saat dihubungi detikcom, Senin (16/7/2018).

Partai tersebut yakni Perindo, PSI dan PKB. Tak hanya itu, ada pula dua partai yang sudah menyerahkan, namun dokumennya belum lengkap. Kedua partai tersebut adalah Hanura dan PKS.

"Yang sudah kami nyatakan dokumen pencalonannya memenuhi syarat adalah PKB, Perindo dan PSI. Dan yang masih berjalan pemeriksaan dalam penyerahan dokumen pencalonan yakni Partai Hanura dan PKS," tambah Nur Syamsi.

Menilik hal ini, Nur Syamsi mengimbau kepada 11 parpol agar segera mendaftar. Karena ketentuan dari KPU Pusat sudah menyatakan jika penutupan pendaftaran tanggal 17 Juli pukul 23.59 WIB. Pihaknya juga tak akan memberikan toleransi jika ada partai yang telat mendaftar.

"Imbauannya karena ini sudah H-1 ditutup pukul 23.59 WIB, jadi partai politik lainnya yang belum menyerahkan dokumen pencalonan, makin pagi (menyerahkannya) makin baik. Sampai hari ini tahapan yang ditetapkan KPU RI untuk penyerahan dokumen adalah sampai tanggal 17 pukul 23.59 WIB. Belum ada ketentuan lain dan tidak ada kata lain, maka jika menyerahkan lebih dari pukul tersebut maka tidak bisa mengikuti," ungkapnya.

Nur Syamsi juga mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar para parpol segera mendaftar. Misalnya saja dengan melakukan berbagai sosialisasi.

"Kalau sosialisasi yang dilakukan oleh KPU sudah, baik sebelum masa pendaftaran bahkan sebelum tanggal 4 Juni yakni masa dimana partai politik punya kesempatan untuk mengentri data, sudah kita lakukan sosialisasi," pungkasnya.
(fat/fat)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed