DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 11:28 WIB

Demi Haji, Nenek Penjual Bunga Kenanga Bersepeda 20 Km Tiap Hari

Erliana Riady - detikNews
Demi Haji, Nenek Penjual Bunga Kenanga Bersepeda 20 Km Tiap Hari Foto: Erliana Riady
Blitar - Demi bisa mengumpulkan uang tabungan haji, Nenek Marsiyem ternyata harus mengayuh sepedanya sejauh 20 km, setiap hari. Ini dilakukannya untuk mengumpulkan bunga-bunga kenanga dari tiga desa di Blitar, yaitu Purwokerto, Karanggayam dan Pakisrejo untuk kemudian dijual.

Bahkan aktivitas ini masih tetap dilakukan Nenek Marsiyem di usianya yang kini telah menginjak 90 tahun. Lantas apa resep sehatnya hingga di usia 90 Marsitem masih kuat bersepeda jarak jauh ?

"Resepnya bersyukur terus sama Allah. Sama setiap pagi senam," ungkap Nenek Marsiyem saat berbincang dengan detikcom, Senin (16/7/2018).


Bagi Marsiyem, hidupnya saat ini hanya tinggal untuk beribadah. Apalagi anak semata wayangnya telah berkeluarga. Baginya, bersepeda dan berjualan bunga kenanga adalah olahraga agar fisiknya juga tetap sehat.

Ia mengaku kini tak lagi 'ngoyo' (kerja keras, red). "Kalau dulu malah bisa 40 km lebih keliling cari bunga. Sekarang ora ngoyo, sekalian olahraga masih bisa dapat rejeki juga," imbuhnya.

Sepeda kayuh yang dipakai Marsiyem saat ini juga telah menemani perjalanan hidupnya sebagai pencari dan penjual bunga kenanga selama hampir 70 tahun.

"Cuma sekarang saya pakai gamis. Dulu masih pakai kemben jarit. Yo amen suwek kecantol sadel (sering sobek kecantol sadel, red)," kenangnya sambil tertawa.


Marsiyem juga tercatat sebagai calon jamaah haji (CJH) tertua dari Kabupaten Blitar tahun ini. Ia termasuk ke dalam kloter 56 embarkasi Juanda bersama 902 CJH lainnya asal Kabupaten Blitar.

Meskipun disebut sebagai CJH yang tertua, Marsiyem dipastikan telah memenuhi Istithoah.

"Tes kesehatan nenek Marsiyem menunjukkan hasil yang sangat baik. Sudah menerima vaksin meningitis," tutur Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Blitar, Syaikul Munib dalam kesempatan terpisah.

Mulai hari ini hingga empat hari ke depan, Nenek Marsiyem 'terpaksa' libur berjualan bunga kenanga karena dijadwalkan melaksanakan manasik haji. Rencananya Marsiyem akan diberangkatkan ke asrama haji Sukolilo di Surabaya pada 4 Agustus mendatang dan terbang ke Arab Saudi pada tanggal 15 Agustus.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed