Perekaman e-KTP di Surabaya Dihentikan Sementara, Ini Penyebabnya

Zaenal Effendi - detikNews
Jumat, 13 Jul 2018 13:00 WIB
Foto: Rachman Haryanto/Ilustrasi
Surabaya - Proses perekaman e-KTP hari ini tidak bisa dilakukan. Pasalnya, ada perbaikan data center di kemendagri. Ini berimbas pada pemenuhan target penyelesaian perekaman dan cetak e-KTP warga Kota Surabaya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadispendukcapil) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo, mengaku kerusakan data center di Dirjen Kemendagri sudah dilakukan perbaikan selama 2 hari ini.

"Selama dua hari ini, aplikasi pengecekan data hasil perekaman e-KTP ada perbaikan di Kemendagri. Sehingga tidak bisa menarik data yang sudah merekam, kemudian proses penunggalan data," kata Suharto kepada detikcom, Jumat (13/7/2018).

Adanya perbaikan data center, berimbas tidak bisa melakukan cetak e-KTP pasca melakukan perekaman. "Jadi proses sebelum cetak, kami harus melakukan pengecekan data di data center Kemendagri, setelah ada kecocokan data baru bisa kita lakukan cetak," ujar Anang.

Sementara itu untuk menghindari antrean atau kedatangan warga yang ingin melakukan perekaman maupun cetak e-KTP, pihaknya mengimbau agar menghubungi Dispendukcapil Kota Surabaya terlebih dulu.

"Solusi sementara, warga bisa menghubungi kami melalui WhatsApp atau sms ke nomor 081331386611 untuk menanyakan apakah sudah bisa melakukan pengecekan data perekaman e-KTP," tambahnya. (ze/fat)