DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 11:37 WIB

Puluhan Warga Tuntut Usut Tuntas Kasus Korupsi di Ponorogo

Charolin Pebrianti - detikNews
Puluhan Warga Tuntut Usut Tuntas Kasus Korupsi di Ponorogo Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Puluhan warga menuntut KPK segera mengusut tuntas kasus korupsi di Ponorogo. Mereka melakukan aksi di depan kantor Pemkab Ponorogo, Jalan Alun-Alun Utara, Kamis (12/7/2018).

Selain menuntut usut kasus korupsi, mereka juga juga prihatin adanya kasus asusila yang dilakukan oleh Kades Kupuk, Kecamatan Bungkal Agus Setiyono yang tidak pernah mendapat perhatian dari Bupati Ponorogo.

"Kedua, kami juga merasa prihatin terhadap pedagang pasar stasiun yang sampai saat ini belum bisa berjualan dengan tenang karena takut digusur," tutur Koorlap Aksi, Sutiyas Hadi Riyanto.

Ketiga, jelas dia, banyaknya penyelewengan yang dilakukan kantor pertanian sehinga banyak merugikan para petani. Dan keempat memberi dukungan kepada pihak penegak hukum untuk melakukan proses hukum terkait permasalahan yang ada di Kabupaten Ponorogo.

Sutiyas menambahkan saat ini pihak kejari tengah memanggil beberapa saksi yang diduga melakukan penyelewengan dana Bantuan Sosial (Bansos) yang dirubah menjadi Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM). Dia pun mendukung langkah kejaksaan.

"BKSM ini kan seharusnya untuk siswa yang miskin, tapi Pemkab Ponorogo malah mendata hampir seluruh siswa ini miskin. Berarti kan memiskinkan warga, Pemkab membuat data fiktif ini," terang dia.

Sutiyas mengaku meski saat ini salah satu kegunaan dana BKSM adalah untuk membeli seragam dan dilindungi melalui Peraturan Bupati (Perbup) No 49 tahun 2017 tentang pelestarian budaya khas Ponorogo mewajibkan pelajar, pengajar serta PNS memakai batik buatan pengrajin.

"Meski dilindungi Perbup ini untuk perlindungan dirinya (Bupati,red)," papar dia.

Sutiyas pun berharap KPK bisa segera mengusut tuntas kasus korupsi di Ponorogo. "Kami harap KPK tidak buta dan tuli terhadap kasus korupsi di Ponorogo," tandas dia.

Selain melakukan orasi di depan kantor pemkab, massa pun juga melakukan orasi di depan Kantor Dinas Pertanian dan Pasar Legi Songgolangit.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed