DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 09:30 WIB

Doa dan Air Mata Pasutri Penjual Es Tebu Demi Naik Haji

Enggran Eko Budianto - detikNews
Doa dan Air Mata Pasutri Penjual Es Tebu Demi Naik Haji Foto: Enggran Eko Budianto/File
Jombang - Keberhasilan Abdul Chamid (59) berangkat haji tahun ini tak lepas dari ketekunan sang istri, Muchlisah (51) dalam menabung. Doa dan air mata pun mengiringi perjalanan 14 tahun pasangan penjual es tebu ini mengumpulkan uang untuk menunaikan rukun Islam kelima.

Selepas berjualan, Muchlisah mengaku selalu menyisihkan uang untuk tabungan hajinya, walaupun nilainya tak besar.

Menurut pengakuannya, dari penghasilannya menjual es tebu di Taman Kepuhsari yang rata-rata Rp 60 ribu sehari, ia menyisihkan Rp 500, Rp 1.000, Rp 5.000, Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu ke dalam tabungan.

"Setiap masukkan uang ke celengan, saya berdoa sambil menangis. Ya Allah, Gusti, saya menabung ini berikanlah barokah supanya bisa berangkat haji," kata Muchlisah saat berbincang dengan detikcom, Rabu (11/7/2018).


Namun Muchlisah mengaku ia juga mendapatkan suntikan dana pinjaman dari koperasi tempat Chamid bekerja sebelum menjadi penjual es tebu. Suaminya itu memang baru berjualan es tebu sejak tahun 2014. Sebelumnya, bapak tiga anak itu menjadi sopir pabrik di Surabaya.

Meski tak lagi memiliki penghasilan tetap, keduanya bersyukur karena rejeki selalu ada.

"Alhamdulillah rezeki selalu ada. Kadang suami saya diminta mengantar orang (sebagai sopir, red). Kalau suami berangkat, saya yang berjualan es tebu," ungkap Muchlisah.


Kini perjuangan Muchlisah dan Chamid selama 14 tahun mengumpulkan uang, berbuah manis. Pada tanggal 13 Agustus 2018 nanti, pasutri ini akan terbang ke tanah suci untuk beribadah haji. Keduanya tergabung dalam kloter 79 Kabupaten Jombang.

Selama di tanah suci nanti, Muchlisah ingin beribadah dangan khusyuk. "Semoga ibadah saya diterima Allah SWT, dosa-dosa saya dan suami diampuni. Kami menjadi haji yang mabrur," harapnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed