Korsleting, Pabrik Olahan Kayu di Malang Terbakar

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 11 Jul 2018 11:50 WIB
Pabrik kayu terbakar/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Pabrik olahan kayu milik PT Megatex di Krebet Timur, Bululawang, terbakar. Munculnya api membuat panik pekerja pabrik yang tengah bekerja. Penyebab kebakaran masih diselidiki.

Dari keterangan yang dihimpun detikcom, kebakaran terjadi sejak subuh tadi, hingga sampai saat ini, petugas PMK yang dikerahkan ke lokasi masih melakukan pembasahan.

Banyaknya bahan baku di lokasi kebakaran menyulitkan petugas untuk menjinakkan api. 5 Unit PMK dari Pemkot Malang hingga mendatangkan 2 unit PMK dari Pemkab Malang juga turut melakukan pemadaman.

Petugas kepolisian dari Polsek Bululawang serta Polres Malang datang juga ke TKP untuk mengamankan lokasi kebakaran. Penyelidikan dimulai dengan meminta keterangan pekerja dan manajemen pabrik.

Dugaan sementara api berasal dari korsleting listrik pada mesin broiler. Timbulnya percikan api cepat menyambar ke barang di sekitarnya. Kayu setengah jadi untuk bahan triplex akhirnya habis terbakar.


"Sampai saat ini, masih dilakukan pembasahan, agar tidak muncul titik api," ujar Kapolsek Bululawang Kompol Supari pada detikcom, Rabu (11/7/2018).

Dia mengaku, saat kebakaran terjadi dalam pabrik ada aktivitas kerja. Tapi semua berhasil dievakuasi. "Sampai 100 lebih karyawannya, semua berhasil dievakuasi, dan tidak ada korban dari kejadian ini," ungkapnya.

Untuk memastikan penyebab kebakaran, pihaknya akan mendatangkan Tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya. "Untuk kerugian belum bisa dihitung, karena kami belum bisa meminta keterangan pemiliknya. Dan untuk kepastian penyebab kebakaran, kami akan datangkan Labfor," tegas Supari. (fat/fat)