Risma Siapkan Surabaya untuk Sabet Penghargaan Internasional Lainnya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Selasa, 10 Jul 2018 13:10 WIB
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Usai memenangkan Lee Kuan Yew City Prize, Wali Kota Tri Rismaharini mengaku menyiapkan Kota Surabaya untuk meraih penghargaan internasional lainnya.

Salah satunya adalah Guangzhou International Award for Urban Innovation, yaitu sebuah penghargaan untuk kota yang memiliki inovasi pengembangan masalah lingkungan yang berdampak pada kehidupan ekonomi dan kesejahteraan warga kota.

"Kita lagi masukkan ke Guangzhou Award, itu juga tingkat dunia," ujar Risma ditemui di Balai Kota Surabaya, Selasa (10/7/2018).


Meski sempat dua kali gagal meraih penghargaan ini, Risma mengaku optimis. Alasannya, Guangzhou Award mempunyai jajaran juri yang sama dengan Lee Kuan Yew City Prize.

"Kita dua kali juga gagal kemudian kemarin saya ketemu panitia di sana. Saya juga jelaskan ternyata Guangzhou Award itu bekerja sama dengan Lee Kuan Yew jadi jurinya juga sama," lanjutnya.

Demi meraih penghargaan tersebut, Risma mengaku telah memiliki konsep Surabaya yang akan disuguhkan kepada juri. Di antaranya ingin menonjolkan Surabaya dari sisi lain.

"Karena itu kita coba ke sana, tapi saya akan coba dari sisi Surabaya yang lain, supaya bukan hanya kampungnya tapi kesejahteraannya lebih meningkat," terang Risma.


Tak hanya itu, Risma juga mengaku telah mengevaluasi kegagalan Surabaya ketika gagal meraih Guangzhou Award tahun lalu. Jika tahun lalu, Risma mengedepankan bagaimana kampung dapat meningkatkan kesejahteraan warganya, maka tahun ini konsepnya diubah menjadi bagaimana pemerintah kota bisa meningkatkan kesejahteraan warga di kampung-kampung yang ada.

"Kalau kemarin itu bagaimana kampung itu kemudian bisa meningkatkan kesejahteraan warga kampung. Kalau sekarang saya dari kota untuk kesejahteraan warganya," papar Risma. (lll/lll)