DetikNews
Senin 09 Juli 2018, 21:55 WIB

Sekkab Jember Diperiksa Terkait Bantuan Koperasi Rp 1 Miliar

Yakub Mulyono - detikNews
Sekkab Jember Diperiksa Terkait Bantuan Koperasi Rp 1 Miliar Foto: Yakub Mulyono
Jember - Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Jember Mirfano diperiksa polisi terkait dana bantuan untuk koperasi sebesar Rp 1 miliar. Bantuan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) tahun anggaran 2014.

Saat itu Mirfano masih menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Jember yang meloloskan hasil verifikasi koperasi penerima bantuan. Dua koperasi yang dimaksud adalah Koperasi LEPP-M3 Nusa Barong dan Koperasi Nelayan Kedung Sumbul Jaya.

Mirfano dimintai keterangan sebagai saksi dan diperiksa di ruang penyidikan Unit IDIK II/PIDKOR Polres Jember selama kurang lebih 4 jam.

"Saya diperiksa terkait koperasi penerima bantuan, berdasarkan laporan dari masyarakat. Diduga ada persoalan," kata Mirfano usai diperiksa di Mapolres Jember, Senin (9/7/2018).


Mirfano mengaku diperiksa sebagai saksi. "Saya ditanyai soal administrasi, verifikasi," katanya.

Jika nantinya ada pemeriksaan lanjutan, Mirfano menyatakan siap untuk diperiksa. "Kapan saja saya siap, dan hanya saya yang diperiksa (hari ini)," sambungnya.

Mirfano juga mengaku sudah menyampaikan semua keterangan sesuai pertanyaan yang diajukan oleh petugas. "Semua sudah," pungkasnya sembari bergegas meninggalkan wartawan.


Sementara itu, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo membenarkan perihal pemeriksaan yang dilakukan terhadap Mirfano. "Jadi yang bersangkutan masih kita ambil keterangan berkaitan adanya dugaan korupsi oleh koperasi. Di mana yang bersangkutan saat itu (menjabat) sebagai Kepala Dinas Koperasi Pemkab Jember," kata Kusworo.

Terkait hasil pemeriksaan yang dilakukan, Kusworo menegaskan masih akan melakukan pengecekan lebih lanjut. "Yang bersangkutan diperiksa sementara ini hanya sebagai saksi," pungkasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed