Wah, Istana Merdeka 'Pindah' Jadi Kantor Desa di Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Senin, 09 Jul 2018 12:20 WIB
Kantor desa di Jember yang mirip Istana Merdeka (Foto: Yakub Mulyono)
Jember - Ingin lain dari yang lain, perangkat desa di Jember membangun kantornya menjadi tak ubahnya replika Istana Merdeka di Jakarta. Seperti apa penampakannya?

Bentuknya mirip dengan Istana Merdeka yang megah dengan enam tiang pancang bulat dari beton di bagian depan. Di atas gedung juga terdapat lambang burung garuda yang membuat bangunan ini terlihat semakin gagah.

Selain enam tiang pancang, bangunan ini juga memiliki 12 anak tangga. Ada pula empat bola lampu di kanan dan kiri bangunan yang berfungsi sebagai penerangan.

Dari penelusuran detikcom, bangunan ini diketahui milik pemerintah Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember.


Menurut Kepala Desa Kemuningsari Kidul, Sujarwo, kantor desa berukuran 30 meter x 50 meter ini resmi ditempati oleh kepala desa beserta jajarannya dalam menjalankan roda pemerintahan, per hari ini, meski sebenarnya proses pembangunannya belum selesai dilakukan.

"Belum rampung total, tapi tetap mulai kita tempati hari ini," katanya kepada detikcom, Senin (9/7/2018).

Kantor yang dibangun sejak tahun 2014 itu diperkirakan akan selesai dalam 10 tahun ke depan. Rencananya, di lahan kosong yang masih ada di sisi-sisi kantor juga akan didirikan kolam renang, kolam pancing dan area permainan anak yang sekaligus berfungsi sebagai obyek wisata.


"Sebelum ditempati, pada Jumat malam kemarin ada salawatan, Sabtu malam ludruk dan Minggu malam wayang. Ini sebagai agenda peresmian gedung," tuturnya.

Sujarwo berharap dengan bangunan kantor desa yang megah ini bisa memberi semangat jajarannya agar maksimal dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

"Bangunannya sudah megah, maka pelayanannya juga harus maksimal," tegasnya.

Penasaran dengan cerita di balik replika Istana Merdeka di Jember ini? Simak terus kelanjutannya, hanya di detikcom. (lll/lll)