detikNews
Jumat 06 Juli 2018, 11:18 WIB

KPU Madiun Tetapkan Paslon 'Berkah' Unggul di Pilbup 2018

Sugeng Harianto - detikNews
KPU Madiun Tetapkan Paslon Berkah Unggul di Pilbup 2018 Hasil rekapitulasi Pilbup Madiun/Foto: Sugeng Harianto
Madiun - KPU Madiun menetapkan pasangan calon (paslon) urut satu Ahmad Dawami-Hari Wuryanto (Berkah) menang di Pilbup Madiun 2018. Hasil hitung cepat atau pun manual, tidak jauh berbeda.

"Kita tetapkan paslon bupati dan wakil bupati nomor urut satu sebagai pemenang dalam perolehan suara baik hitung cepat maupun hitung manual," jelas Ketua KPU Kabupaten Madiun Wahyudi kepada wartawan, Jumat (6/7/2018).

Dalam rekapitulasi suara secara manual, kata Wahyudi, paslon Berkah unggul dengan perolehan suara 162.012 atau 40,17 persen suara.

Paslon nomor urut satu, lanjut Wahyudi, diusung Partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai PKPI, mengalahkan dua paslon lainnya, Rio Wing Dinaryhadi-Sukiman dan Djoko Setijono-Suprapto.

"Sesuai hasil rekapitulasi 15 kecamatan di Kabupaten Madiun, untuk paslon nomor urut dua Rio-Sukiman mendapatkan 90.670 suara atau 22,48 persen dan paslon nomor urut tiga Djoko Setijono dan Suprapto ( DjosTo) meraih 150.668 atau 37,35 persen," tuturnya.

Dalam penetapan paslon terpilih yang digelar di halaman depan kantor KPUD Kabupaten Madiun, jalan Raya Madiun-Ponorogo mendapat pengamanan ketat dari polres dan Polresta Madiun.

"Jumlah personel yang dilibatkan dalam pengamanan dari polres Kabupaten sendiri ada 260 personel dan kita dibantu Polres Kota satu peleton," kata Kapolres Madiun AKBP Made Agus Prasatya.

Pengamanan ketat ini, kata Made Agus, terhitung sejak rekapitulasi Kamis (5/6/2018). Polisi mengawal kotak suara dari semua TPS yang tersebar di 205 Desa Kelurahan di 15 Kecamatan.

Sementara Kapolresta Madiun AKBP Nasrun Pasaribu mengungkapkan anggotanya ikut membantu pengamanan wilayah kabupaten. Hal ini karena dua kecamatan di Kabupaten Madiun wilayah hukum ikut Polres Kota yakni kecamatan Jiwan dan Sawahan.

"Kita hanya bantu backup saja satu peleton atau 30 personil yang mengawal kotak suara dari TPS hingga ke KPUD," terangnya.

Dari pantauan detikcom saat rekapitulasi kali ini hanya dihadiri paslon pemenang. Sementara dua paslon yang kalah Rio Wing-Sukiman (Mas Rio-PAS) dan Paslon Djosto, tidak hadir.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed