Bus Terbakar di Tol Surabaya-Gresik, Semua Penumpang Selamat

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Kamis, 05 Jul 2018 19:55 WIB
Bus yang terbakar di bahu jalan Tol Kebomas (Foto: istimewa)
Surabaya - Sebuah bus terbakar di tol Kebomas km 10.400 arah Gresik ke Surabaya. Bus bernopol N 7445 UA itu terbakar habis, namun tak ada korban dalam peristiwa tersebut.

"Yang terbakar PO Pahala Kencana, kejadiannya sekitar pukul 17.30 WIB," ujar Mujahid, petugas Sentral Komunikasi PT Margabumi Matraraya saat dihubungi detikcom, Kamis (5/7/2018).

Mujahid mengatakan kejadian ini berawal saat bus melaju dari entrance Kebomas ke arah Romo Kalisari/Tandes. Sebelum melewati lokasi, sopir dan kenek bus mendengar ada suara ledakan dari ruang mesin.

Sopir pun menepikan bus ke bahu jalan. Sopir bersama kenek lalu memeriksa sumber ledakan tersebut yang datang dari mesin yang ada di dekat roda depan. Mereka ternyata melihat ada api di situ.


Asap hitam mengepul dari bus yang terbakarAsap hitam mengepul dari bus yang terbakar Foto: istimewa

"Dengan segera sopir dan kenek meminta para penumpang turun sambil membawa barang-barangnya," kata Mujahid.

Api yang kecil lama-lama membesar dan mulai membakar bus. "Kami yang mendapat laporan segera meluncurkan mobil PMK," lanjut Mujahid.


Bus ludes terbakarBus ludes terbakar Foto: istimewa

Namun api yang begitu cepat membesar sudah membakar habis bus hingga menyisakan rangka saja. Kebakaran itu sempat membuat kemacetan karena kendaraan yang melintas tidak berani melaju akibat api yang membakar bus begitu besar.

"Tak ada korban karena penumpang beserta barang-barangnya sudah terselamatkan," tandas Mujahid. (iwd/bdh)