detikNews
Selasa 03 Juli 2018, 08:37 WIB

Patung Bermahkota Ditemukan di Sidoarjo, Diduga Peninggalan Majapahit

Suparno - detikNews
Patung Bermahkota Ditemukan di Sidoarjo, Diduga Peninggalan Majapahit Foto: Suparno
Sidoarjo - Sebuah situs purbakala kembali ditemukan warga di Sidoarjo. Nizar bersama tiga temannya, Agus Mulyono, Dedik dan Sabil menemukan patung di sela bambu-bambu di Desa Terung Kulon, Kecamatan Krian.

Saat itu, Nizar dkk mencari bambu jenis langka dan tanpa sengaja kakinya menginjak batu tertutup ranting-ranting bambu. Rupanya, setelah dibuka dan diamati ternyata sebuah patung setinggi sekitar 65 cm dengan berat 50 Kg. Diduga patung itu peninggalan Kerajaan Majapahit.

Salah satu warga Desa Terung yang turut menemukan patung, Agus Mulyono (42) yang juga rekan Nizar membenarkan penemuan itu. Setelah mengetahui benda tersebut, mereka memanggil teman-temannya.

"Setelah batu diambil dan diamati ternyata benda tersebut berupa patung," kata Agus kepada detikcom saat ditemui di areal lahan di Desa Terung, Selasa (3/7/2018).

Mereka pun membersihkan lumut yang ada di patung tersebut. Dan patung tersebut akhirnya dibawa pulang.

"Setelah menemukan patung ini kami berempat sepakat melaporkan penemuan ini ke kepala desa. Kami juga sudah memberitahukan ke dinas terkait di Sidoarjo tentang penemuan ini," tambah Agus.

Untuk sementara, jelas Agus, patung ini disimpan di rumahnya. Jika nantinya ada dinas terkait mengambil benda bersejarah di Pemkab Sidoarjo tidak masalah.

Seorang pemerhati benda bersejarah, Muhamad Trikisnowo Hadi mengatakan jika melihat bentuk patung, ada kuluk seperti mahkota di kepala.

"Dilihat dari bentuknya, ada kuluk seperti mahkota di kepala. Kemungkinan arca ini seorang pangeran salah satu kerajaan," kata Trikisnowo kepada detikcom di lokasi.

Trikisnowo menjelaskan jika melihat wilayah Desa Terung, banyak sekali ditemukan benda bersejarah. Penemuan benda tersebut bisa diselamatkan untuk melestarikan peninggalan-peninggalan benda sejarah.

"Bagi kami di temen-temen laskar temuan ini adalah temuan yang sangat berharga. Yang jelas kalau mengacu di daerah wilayah itu, kita bisa menyimpulkan bahwa ada kaitan sebelum Majapahit. Dan dengan penemuan Arca ini bisa menambah pengetahuan generasi sekarang," tandas Trikisnowo.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com