detikNews
Jumat 29 Juni 2018, 17:57 WIB

Menteri Susi Larang Pelihara Arapaima, Masudin: Saya Selamatkan Ikan Ini

Enggran Eko Budianto - detikNews
Menteri Susi Larang Pelihara Arapaima, Masudin: Saya Selamatkan Ikan Ini Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Sejak kasus ikan Arapaima Gigas dilepas di Sungai Brantas oleh oknum beberapa waktu lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun melarang ikan ini dijadikan peliharaan di Indonesia.

Masudin, kolektor ikan Arapaima asal Jombang pun memberikan tanggapan terhadap peringatan ini.

"Selama ini belum jelas aturan yang mengatur itu," kata Masudin kepada detikcom saat ditemui di rumahnya, Jumat (29/6/2018).


Pria yang sudah memelihara ikan Arapaima sejak tahun 2013 itu mengaku ini hanyalah untuk kesenangan saja. Ia pun tak gentar dengan ancaman pidana bagi mereka yang memiliki hobi memelihara ikan Arapaima ataupun membudidayakannya.

"Saya kan menyelamatkan ikan ini dengan saya pelihara," ungkapnya.


Sebenarnya pria yang berprofesi sebagai terapis tuna rungu itu memiliki 9 ekor ikan Arapaima. Namun di tahun 2016, 4 dari 9 ikan miliknya mati karena memakan plastik yang dibuang keluarga pasiennya ke kolam.

Tonton juga 'Beginilah Penampakan Ikan Arapaima di Sungai Brantas':

[Gambas:Video 20detik]


Sejak saat itu, ia memilih fokus pada ikan-ikan Arapaima yang tersisa. Bahkan ia mengaku tak ingin menambah koleksi ikan Arapaimanya, apalagi memperjualbelikan ikan air tawar terbesar di dunia ini. Padahal harga jualnya di pasaran saat ini sangat menggiurkan.

"Sekarang ini kalau dijual lihat jenisnya. Jenis Arapaima Gigas yang warna hitam murah. Kalau jenis Panda menurut kolektor dengan panjang 2 meter bisa laku Rp 250 juta per ekor. Kalau panjangnya 70 cm sekarang bisa laku sekitar Rp 60 juta per ekor," pungkasnya.


Ada kepuasan tersendiri bagi Masudin ketika melihat ikan-ikannya menjadi daya tarik tersendiri bagi pasien atau keluarganya yang berkunjung ke rumahnya untuk berobat.

Tak jarang dari mereka ikut memberi makan atau sekadar berfoto dengan ikan-ikan asal Amerika Selatan itu.
Menteri Susi Larang Pelihara Arapaima, Masudin: Saya Selamatkan Ikan Ini

(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com