detikNews
Rabu 27 Juni 2018, 17:43 WIB

Pilgub Jatim 2018

Khofifah-Emil Unggul Quick Count, PKB: Tak Perlu Ambil Kesimpulan

Zaenal Effendi - detikNews
Khofifah-Emil Unggul Quick Count, PKB: Tak Perlu Ambil Kesimpulan Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar menegaskan tidak perlu ada pihak yang galau dan terburu-buru mengambil kesimpulan terkait hasil penghitungan cepat atau quick count, di Pilgub Jatim 2018.

"Itu kan proses, jadi kita kembali pada aturan main yang sebenarnya. Kata akhir di real count KPU. Sehingga tidak perlu ada yang galau, risau, keburu mengambil kesimpulan toh semua masih berjalan," kata Halim didampingi Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi di rumah Gus Ipul di Perumahan The Gayungsari, Rabu (27/6/2018).

Untuk memastikan perolehan suara Gus Ipul-Puti, Halim bersama seluruh partai pendukung melakukan pengawalan dokumen C1.

"Tentu kita instruksikan seluruh jajaran partai pendukung Gus Ipul-Mbak Puti untuk mengawal dengan maksimal dokumen C1, sebagai dasar hukum yang paling kuat untuk menentukan kalkulasi suara yang diperoleh," imbuhnya.

Adik kandung Muhaimin Iskandar ini mengungkapkan adanya kecurangan yang dilakukan paslon lain jelang coblosan pada malam hari.

"Beberapa kita temukan kecurangan misal di Lamongan sampai terjadi kejar kejaran tim pemenangan kita dengan pihak paslon lain sampai subuh. Sudah kita perintahkan dilaporkan secara tertulis. Dan di Sidoarjo kita temukan hal yang perlu dilaporkan. Ada yang bentuk amplopan dan sembako," pungkas Halim.
(ze/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com