DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 15:23 WIB

Kades di Jember Bentuk Satgas Antipolitik Uang Jelang Pilgub Jatim

Yakub Mulyono - detikNews
Kades di Jember Bentuk Satgas Antipolitik Uang Jelang Pilgub Jatim Foto: Yakub Mulyono
Jember - Pemerintah Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, membentuk satuan tugas (Satgas) antipolitik uang untuk Pilgub Jatim 2018. Satgas ini bertugas mencegah terjadinya politik uang di lingkungan warga desa setempat.

Kades Jubung, Bhisma Perdana mengatakan, pembentukan satgas bertujuan agar Pilgub Jatim terhindar dari praktik kecurangan, utamanya politik uang. Satgas dibentuk dalam rapat koordinasi dengan mengumpulkan para tokoh masyarakat dan perangkat RT/RW.

"Untuk menjaga pesta demokrasi ini sesuai dengan koridornya, kita bentuk satgas antipolitik uang itu. Jangan sampai (Pilgub) dikotori dengan hal-hal kecurangan," ujar Bhisma, Senin (25/6/2018).

Menurut Bhisma, perbuatan curang dan pelanggaran pemilu, jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kehancuran suatu bangsa.

"Dengan adanya satgas ini, juga bisa menjaga generasi kita berikutnya, agar tidak terkontaminasi oleh cara-cara tidak baik. Karena kita tahu banyak masyarakat tergoda dengan politik uang," ungkapnya.

Bhisma menjelaskan, anggota satgas terdiri atas para perangkat desa dan juga sejumlah tokoh masyarakat yang dinilai memiliki komitmen lebih untuk menjaga suasana dan kondisi Pilgub agar aman. Selain itu diharapkan bisa menjaga kondusivitas pelaksanaan Pilgub Jatim 2018.

"Sehingga praktik-praktik curang ini bisa kita hapuskan," tandasnya.

Salah satu anggota satgas antipolitik uang, Poniran (36) mengaku kepercayaan untuk menjadi anggota satgas akan dijaga olehnya.

"Ini adalah amanah bukan hanya dari Pak Kades, tetapi juga dari bangsa dan negara. Pemilu adalah tanggung jawab kita warga Negara untuk memilih pemimpin yang menjamin segalanya tentang kita," tegasnya.

"Sesuai instruksi pak kades, jika ada pelanggaran, rekam, foto atau video sebagai bukti, dan laporkan. Semoga pilgub di desa kami aman dan kondusif," imbuhnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed