DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 14:08 WIB

Pilbup Bondowoso 2018

Cegah Politik Uang, Panwaslu Bondowoso Pantau Kegiatan Masyarakat

Chuk S. Widarsha - detikNews
Cegah Politik Uang, Panwaslu Bondowoso Pantau Kegiatan Masyarakat Foto: Chuk S. Widarsha
Bondowoso - Masa tenang kampanye Pilgub Jatim dan Pilbup Bondowoso dilakukan sejak 24 Juni 2018. Namun, Panwaslu Bondowoso tetap mencermati potensi politik uang yang kemungkinan terjadi di masyarakat.

Selain seluruh paslon dilarang melakukan aktivitas kampanye, semua bahan kampanye (BK) dan alat peraga kampanye (APK) juga wajib diturunkan.

"Untuk mengantisipasi munculnya politik uang pada masa tenang ini, kami akan terus melakukan patroli pengawasan," kata Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslu Bondowoso, Zaenul Hasan, di kantornya, Senin (25/5/2018).

Sebab, diungkapkan Zaenul, biasanya pada masa-masa tenang seperti ini potensi politik uang makin meningkat. Terutama saat ada kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak.

"Kami akan turun langsung ke bawah. Semua bentuk kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak di masa tenang ini, akan diamati dan dipantau," terang Zaenul Hasan.

Menurutnya, kecurangan berupa politik uang merupakan pelanggaran pemilu pada pasal 187a UU 10 tahun 2016. Dengan sanksi bisa enam tahun penjara dan atau denda hingga Rp 1 miliar.

"Tapi tetap harus disertai bukti formil dan materiil. Yang jelas yang termasuk politik uang itu jika ada pesan kampanyenya, ada APK, ada visi dan misi program dan lain sebagainya," pungkas Zaenul Hasan.

Informasi yang dihimpun menyebut, dalam patroli pengawasan ini, Panwaslu Bondowoso akan melibatkan seluruh stakeholder di masing-masing sektoral, yakni desa maupun kecamatan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed