DetikNews
Minggu 24 Juni 2018, 09:05 WIB

Hari Coblosan Pilkada Dipastikan Libur, Ayo Datang ke TPS

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Hari Coblosan Pilkada Dipastikan Libur, Ayo Datang ke TPS Foto: Grafis: Andhika Akbarayansyah/detikcom
Surabaya - Hari pencoblosan untuk Pilgub Jatim 2018 dan Pilkada Serentak 2018 sudah di depan mata. Terkait pelaksanaannya, Gubernur Jatim memastikan bahwa hari itu, Rabu 27 Juni 2018, diliburkan.

Hal ini disampaikan Soekarwo usai melantik sejumlah kepala daerah di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, akhir pekan kemarin.

"Itu keputusannya dari pusat tapi kami juga membuat surat edaran di seluruh Jawa Timur. Jadi nanti ditindaklanjuti," ungkapnya.


Begitu surat pemberitahuan dari pusat turun, maka Pemprov Jatim tinggal meneruskan surat ini ke daerah-daerah.

Dijelaskan Sekretaris Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik, Keputusan Presiden (Keppres) yang mengatur tentang libur nasional Pilkada 2018 akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

"Informasi yang saya dengar kemungkinan 1-2 hari ini akan keluar Keppresnya," kata Sekretaris Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, di kantornya, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu (23/6/2018).

Namun Akmal belum dapat memastikan apakah libur yang dimaksud berlaku secara nasional atau untuk daerah yang menggelar Pilkada saja. Hal ini bergantung pada keputusan Presiden.


Ditegaskan Akmal, penetapan hari libur ini diharapkan dapat mendorong minat pemilih untuk menggunakan hak pilihnya. Ia memastikan saat ini Keppres tersebut sudah ada di Kementerian Sekretariat Negara.

"Untuk mendorong partisipasi masyarakat yang tinggi, KPU kita dorong meminta kepada pemerintah menerbitkan Keppres yang menetapkan hari pencoblosan sebagai hari libur nasional. KPU mengusulkan kepada Presiden, sudah diajukan kami sudah koordinasi dan sekarang sedang diproses Sesneg," ucapnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed