DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 16:45 WIB

Jabatan Tak Boleh Kosong, Pakdhe Karwo Lantik 3 Kepala Daerah

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jabatan Tak Boleh Kosong, Pakdhe Karwo Lantik 3 Kepala Daerah Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menegaskan selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 sistem pemerintahan harus tetap berjalan sehingga tidak boleh ada kekosongan kekuasaan.

Untuk itu, hari ini Pakdhe Karwo, sapaan akrabnya, melantik sejumlah kepala daerah seiring dengan berakhirnya masa tugas para penjabat sementara (Pjs) bupati atau walikota dan telah berakhirnya masa cuti untuk kampanye.

Ada tiga kepala daerah yang dilantik hari ini, di antaranya Pjs Bupati Jombang yang dijabat oleh Setiajit diserahkan kepada Wabup Jombang Mundjidah Wahab sebagai Pelaksana Tugas (Plt); sedangkan untuk Pjs Walikota Malang yang dijabat Wahid Wahyudi diserahkan kepada Wawali Kota Malang Sutiaji.

Ketiga, Pjs Walikota Kediri yang dijabat Jumadi diserahkan kepada Plt Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar.


"Tidak boleh ada kekosongan pemerintahan, meskipun besok hari libur, karena ini sudah diatur oleh Undang-Undang," ujar Pakdhe Karwo di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Sabtu (23/06/2018).

Pakdhe Karwo juga berpesan kepada Wabup Jombang, Wawali Malang serta Wali kota dan Wawali Kediri yang telah habis masa kampanyenya dan kembali aktif, mereka harus memahami amanah Pasal 65 ayat (1) dan (2) serta Pasal 66 ayat (1) huruf c UU No 23 Tahun 2014 tentang tugas dan wewenang seorang kepala daerah.


Selain itu, selama minggu tenang, yaitu mulai tanggal 24 hingga 26 Juni, paslon dilarang melakukan kampanye dalam bentuk apapun.

Pakdhe Karwo menegaskan untuk para paslon yang melakukan politisasi birokrasi, politik uang, dan politik sengketa hasil pilkada, maka harus menempuh jalur hukum.

"Saya ingatkan bahwa Bawaslu kabupaten/kota memiliki kewenangan sangat besar dalam memberikan sanksi secara langsung terhadap pelanggaran pemilu sesuai UU No 10 Tahun 2016 dan UU No 12 Tahun 2017," tegasnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed