DetikNews
Sabtu 23 Juni 2018, 09:51 WIB

Pilbup Bondowoso 2018

Paslon Pilbup Bondowoso ini Disebut Unggul di Hasil Survei LSI

Chuk S Widarsha - detikNews
Paslon Pilbup Bondowoso ini Disebut Unggul di Hasil Survei LSI Calon Bupati nomor urut dua, Ahmad Dhafir. (Foto: Chuk S Widarsha)
Bondowoso - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menempatkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso nomor urut dua sebagai peraih suara terbanyak.

Menurut lembaga survei dipimpin oleh Denny JA tersebut, pasangan Ahmad Dhafir-Hidayat meraup elektabilitas sebesar 54,3 persen. Sementara pasangan nomor urut satu, Salwa Arifin-Irwan Bachtiar Rahmat meraih elektabilitas 31,6 persen.

Sisanya adalah mereka yang belum menentukan pilihan, yaitu sebanyak 12,5 persen.

"Survei kami lakukan pada awal Juni ini. Melibatkan 440 responden yang tersebar di seluruh kecamatan di Bondowoso," kata koordinator LSI Jawa Timur, Imam Fauzi Surahmat, kepada wartawan di hotel Ijen View.


Ada beberapa pertimbangan yang menjadi dasar warga Bondowoso dalam memilih bupati dan wakil bupati. Di antaranya kepribadian, yaitu sebesar 37,5 persen, kemampuan dalam memecahkan masalah sebesar 22,73 persen, program kerja atau visi misi sebesar 20,45 persen, kesamaan latar belakang sebesar 7,95 persen dan usia sebesar 7,50 persen.

"Yang menarik adalah faktor partai pendukung hanya 1,14 persen, lainnya 0,91 persen, dan sisanya tidak menjawab sebanyak 1,82 persen," pungkas Imam.


Terkait hasil survei ini, calon Bupati nomor urut dua, Ahmad Dhafir menanggapinya dengan santai.

"Tentang hasil survei itu, kami tidak akan jumawa. Justru hasil survei itu akan kami jadikan sebagai pemacu semangat untuk terus berjuang," katanya saat ditemui di rumahnya di Desa Tegal Mijin, Grujugan, Sabtu (23/6/2018).

Kendati demikian, mantan Ketua DPRD Bondowoso ini mengakui kredibilitas LSI dalam berbagai momen pilkada, baik yang berskala nasional maupun regional.

"Mudah-mudahan saja hasilnya memang sesuai dengan harapan kami. Kalaupun meleset, semoga ya jangan jauh-jauh," harapnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed