DetikNews
Jumat 22 Juni 2018, 14:29 WIB

Wow, Festival Nasi Pecel Madiun Pecahkan Rekor Nasional dan Global

Sugeng Harianto - detikNews
Wow, Festival Nasi Pecel Madiun Pecahkan Rekor Nasional dan Global Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Dalam rangka Hari Jadi Kota Madiun yang ke-100, pemerintah kota Madiun menggelar bagi-bagi 16.825 pincuk nasi pecel kepada masyarakat. Siapa sangka, acara ini juga diapresiasi oleh MURI.

Acara makan bareng 16.825 nasi pecel pincuk ini resmi mencatatkan rekor nasional dan internasional sebagai acara yang menyuguhkan nasi pecel terbanyak.

"Ada sebanyak 16.825 pincuk nasi pecel yang disediakan di acara itu. Jumlah nasi pecel pincuk ini sudah dihitung oleh tim dari MURI," tandas Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Madiun, Agus Purwowidagdo kepada wartawan, Jumat (22/6/2018).


Piagam rekor nasi pecel terbanyak ini pun diserahkan langsung oleh Eksekutif Manajer MURI Sri Widayati kepada Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto.

"Ini bukan hanya MURI Indonesia tapi juga internasional diraih oleh Kota Madiun di HUT ke-100 atau satu abad ini," tandas Sri.

Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto sendiri mengaku terkejut dengan pencapaian ini. "Saya kaget. Ndak mengira ini melebihi ekspektasi kami. Bisa sampai memecahkan rekor dunia. Persiapannya hanya seminggu," ujarnya.


Sugeng lantas menjelaskan bahwa Festival Nasi Pecel ini sangat penting karena sebagai bentuk melestarikan kearifan lokal kota Madiun yang berslogan 'Kharismatik'.

"Nasi pecel ini sudah menjadi ciri khas Madiun. Ini bisa menjadi destinasi wisata kuliner. Tentu bisa meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun internasional," tegasnya.

Festival yang digelar di halaman Balai Kota Madiun ini melibatkan 100 penjual nasi pecel yang berjualan di Kota Madiun.

Sebelum dimulainya rangkaian acara makan pecel gratis, para pejabat pemkot Madiun juga memperagakan cara menumbuk sambel pecel di dalam lumpang yang terbuat dari kayu.


Tonton juga video 'Rampak Barong di Trenggalek Pecahkan Rekor Muri':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed