DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 14:08 WIB

Wow... Dua Keris Seharga Rp 4 Miliar Dipamerkan di Blitar

Erliana Riady - detikNews
Wow... Dua Keris Seharga Rp 4 Miliar Dipamerkan di Blitar Foto: Erliana Riady
Blitar - Di Blitar, sejumlah kegiatan digelar dalam rangka Bulan Bhakti Bung Karno. Salah satu yang menyedot perhatian adalah pameran keris pusaka.

Yang dipamerkan juga bukan keris-keris biasa. Dua di antaranya bernilai sangat tinggi, bahkan mencapai miliaran Rupiah.

Pemiliknya adalah Nurjianto (34), warga Tamansari, Yogyakarta. Nurjianto menjelaskan, satu keris bernama Kiai Sabuk Inten. Harganya mencapai Rp 3 miliar.


"Keris ini pusaka keramat zaman Kerajaan Majapahit. Usianya diperkirakan sudah 500 tahun," tandasnya sembari memperlihatkan keris yang diletakkan dalam kotak kaca itu kepada detikcom, Kamis (21/5/2018).

Sementara itu keris yang lain bernama Kiai Carito Buntolo. Menurut pengakuan Nurjianto, harganya juga tak kalah fantastis, yaitu Rp 1 miliar.


Namun bila dibandingkan dengan keris Kiai Sabuk Inten yang harganya lebih mahal, keris Kiai Carito Buntolo justru berukuran lebih besar.

Jika diperhatikan dengan seksama, pegangannya juga berbalut emas seberat 3,5 ons serta dihiasi zamrud dan batu permata berwarna-warni.

"Kalau yang ini merupakan keris jaman Mataraman, usianya sekarang sekitar 300 tahun," tutur pria yang menjabat sebagai Wasekjen Serikat Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senopati Nusantara) ini.



Tonton juga 'Yuk! Kenalan Dengan Pengrajin Seni Keris Pusaka':

[Gambas:Video 20detik]


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed