DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 20:10 WIB

KPU Tulungagung Distribusikan Surat Suara untuk Pilgub dan Pilbup

Adhar Muttaqin - detikNews
KPU Tulungagung Distribusikan Surat Suara untuk Pilgub dan Pilbup Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung - Sepekan menjelang hari pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung mendistribusikan lebih dari 1,7 juta surat suara untuk Pilgub Jatim 2018 dan Pilbup Tulunggagung ke 19 kecamatan.

Komisioner KPU Tulungagung, Victor Febri Handoko, mengatakan distribusi kali ini meliputi surat suara, alat kelengkapan pencoblosan, serta berbagai dokumen pendukung, dengan total 37 item.

Seluruh logistik ditargetkan akan sampai ke masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Kamis (21/6/2018) besok.


"Lebaran kemarin kami sudah mengirimkan kotak suara ke PPK. Kali ini kami lanjutkan dengan seluruh kelengkapannya. Untuk distribusinya kami menggunakan dua armada truk yang bergilir ke 19 kecamatan," kata Victor kepada wartawan, Rabu (20/6/2018).

Proses pengiriman logistik pilkada ini juga mendapatkan pengawalan ketat dari personil kepolisian. Pada hari pertama terdapat 13 kecamatan yang mendapatkan distribusi logistik, meliputi Kecamatan Sumbergempol, Ngunut, Rejotangan, Pakel, Besuki, Campurdarat, Bandung, Karangrejo, Pagerwojo, Sendang, Kauman, Boyolangu dan Kecamatan Gondang.

Sedangkan hari kedua besok akan dilanjutkan untuk enam kecamatan yang tersisa, yakni Kalidawir, Pucanglaban, Tanggunggunung, Kedungwaru, Tulungagung dan Kecamatan Ngantru.

"Selanjutnya petugas PPK akan melakukan setting dan packing sesuai dengan kebutuhan di masing-masing TPS (Tempat Pemungutan Suara)," ujar Victor.


Pihaknya juga memastikan logistik yang dikirim ke tiap kecamatan telah sesuai dengan kebutuhan Pilkada Serentak 27 Juni 2018 mendatang. Meski demikian pihaknya mengaku masih akan melakukan penyisiran pada saat proses setting, guna mengantisipasi apabila terjadi kekurangan.

"Untuk kekurangan surat suara Pilbup tanggal 9 Juni sudah dipenuhi sejumlah 86 lembar, sedangkan kekurangan surat suara Pilgub Jatim sebanyak 8.058 sudah dipenuhi tanggal 12 Juni," imbuh Victor.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed