DetikNews
Senin 18 Juni 2018, 20:57 WIB

Libur Lebaran, Polisi Patroli Wisata Mangrove Wonorejo

Zaenal Effendi - detikNews
Libur Lebaran, Polisi Patroli Wisata Mangrove Wonorejo Kapolrestabes di Mangrove Rungkut/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Untuk memastikan keamanan sejumlah wisata di Kota Surabaya selama musim libur lebaran, polisi melakukan patroli keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dengan berkeliling tempat-tempat wisata.

Kali ini, polisi melakukan patroli di Eco Wisata Mangrove Wonorejo, Rungkut. Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan turun langsung bersama dengan jajaran Polsek Rungkut.

"Kami melakukan patroli ini untuk memastikan tempat wisata adalah tempat yang aman untuk dikunjungi oleh masyarakat," kata kapolrestabes kepada detikcom saat di Dermaga Mangrove Wonorejo, Rungkut, Senin (17/6/2018).

Rudi menyampaikan destinasi wisata air memiliki pontensi bahaya tenggelam dan terhanyut. Untuk itu pihaknya melakukan pengecekan life save armada perahu.

"Kami melakukan pengecekan mulai dari jaket pelampung dan safety pada perahu tersebut. Setelah kita melintas hingga ke dermaga ditepi laut semuanya layak dan aman," ungkap Rudi.

Selain itu, saat berada di ujung muara sungai di Wonorejo, Kapolrestabes mengaku ada potensi kerawanan. Sebab di muara tersebut tidak ada penghuni yang bisa dijadikan pintu masuk pelaku tidak kriminal.

"Saya khawatir dimuara ada pontensi gangguan keamanan. Sebab disana juga bisa digunakan jalur untuk membawa barang-barang ilegal ke Kota Surabaya. Bisa narkoba. Bisa senjata api," ungkap Rudi.

Untuk itu, pihaknya membuat imbauan serta pos pantau Polrestabes Surabaya yang dilengkapi dengan gazebo. "Semuanya kami lakukan untuk mencegah terjadinya kerawanan di Kota Surabaya dan menjaga kenyamanan serta keamanan untuk warga Surabaya," ujarnya.

Selain menyusuri aliran sungai Wonorejo hingga ke muara. Kapolrestabes Surabaya beserta jajaran juga meninjau lokasi joging track di Eco Wisata Mangrove yang kerap kali terjadi tidakan asusila dan pemalakan.

"Kita juga akan memasang imbauan kepada pengujung untuk tidak melakukan tindakan yang kurang patut. Selain itu kita akan menyiapkan petugas bersama dengan jajaran samping seperti Satpol PP dan Linmas," tandasnya.
(ze/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed