DetikNews
Minggu 17 Juni 2018, 18:49 WIB

Tol Jombang-Mojokerto Sore Ini Digratiskan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Tol Jombang-Mojokerto Sore Ini Digratiskan Tol Jombang-Mojokerto (JoMo)/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Membludaknya arus mudik dan balik memaksa pengelola tol Jombang-Mojokerto (JoMo) menggratiskan tarif. Upaya ini untuk mengurai kemacetan di dalam tol maupun di arteri Jombang.

"Yang di gerbang tol (GT) Bandar infonya sudah diloss, tak bayar lagi bagi kendaraan dari arah Surabaya dan sebaliknya, kami berharap tak macet lagi" kata Kasat Lantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana saat dihubungi detikcom, Minggu (17/6/2018).

Antrean kendaraan di GT Bandar, Jombang, lanjut Inggal, sempat mengular hingga sekitar 3 Km. Menurut dia, antrean panjang akibat proses pembayaran di GT tersebut. Dengan penggratisan tarif tol, diharapkan tak terjadi antrean di GT.

"Memang perintah pimpinan kalau ada kemacetan 3-4 kilometer harus diloss (digratiskan)," ujarnya.

Informasi yang didapat detikcom, penggratisan tarif di ruas tol JoMo dimulai sekitar pukul 15.30 WIB. Hingga kini pihak Astra Tol JoMo belum bisa dikonfirmasi batas waktu tarif gratis ini.

Tingginya volume kendaraan di dalam tol JoMo, menurut Inggal, campuran arus mudik dan balik. Pemudik lokal Jatim banyak yang memilih ke kampung halaman pasca lebaran. Tak sedikit pula pemudik yang mulai balik ke arah Surabaya dan Jawa Barat.

"Volume kendaraan dari arah Ngawi juga tinggi, imbang dengan kendaraan dari arah Surabaya," ungkapnya.

Selain itu, mulai pukul 14.00 WIB, tol fungsional Wilangan-Kertosono juga dibuka untuk 2 jalur. Sedianya mulai hari ini tol tersebut khusus arus balik dari arah Ngawi.

Namun, kemacetan membuat petugas juga membuka tol fungsional untuk arus dari arah Surabaya. Dengan begitu pemudik yang melalui tol JoMo tak perlu keluar ke jalur arteri Jombang.

Hingga pukul 16.20 WIB, kemacetan masih terjadi di jalur arteri Jombang, tepatnya di Bandar Kedungmulyo. Antrean kendaraan dari arah Surabaya mengular sekitar 2 Km.

Menurut Inggal, saat ini contraflow diberlakukan di jalur tersebut. Jalur nasional dibuka satu arah untuk kendaraan dari arah Surabaya. Sementara kendaraan dari arah Nganjuk, diizinkan melintas setiap 10-15 menit.

"Rekayasa di jalur arteri juga kami lakukan pengalihan di simpang 3 Mojotrisno, simpang 4 Gambiran, pos kota dan simpang 4 Mojosongo, serta di Jatipelem kami arahkan ke Kediri semua untuk mengurangi beban di Bandar Kedungmulyo," terangnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed