Berlebaran, Dua rumah di Situbondo Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Ghazali Dasuqi - detikNews
Minggu, 17 Jun 2018 15:23 WIB
Dua rumah di Situbondo Rusak Tertimpa Pohon Tumbang/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Angin kencang yang menerpa wilayah Situbondo menimbulkan kerusakan, Minggu (17/6/2018). Dua rumah di Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, ambruk tertimpa pohon kelapa tumbang.

Beruntung, saat kejadian dua rumah milik Sumantri (51) dan Bu Dirani (61), itu dalam kondisi kosong. Semua penghuni rumahnya sedang keluar bersilaturrahmi lebaran ke rumah kerabatnya.

"Tidak ada korban dalam peristiwa rumah ambruk di Kecamatan Mangaran. Semua penghuninya sedang bersilaturrahmi ke kerabatnya di Kecamatan Asembagus," kata Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono.

Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, insiden pohon kelapa tumbang itu terjadi siang tadi. Saat itu, angin memang bertiup kencang. Tak ayal, pohon kelapa dengan tinggi belasan meter itu tumbang. Celakanya, tumbangnya pohon itu mengarah ke rumah Sumantri dan Bu Dirani.

Beruntung, hanya bagian belakang rumah semi permanen milik keduanya yang tertimpa hingga mengalami kerusakan. Bagian atap dan sebagian dinding dua rumah itu langsung ambrol berantakan. Sejumlah personel Pusdalops BPBD Situbondo ikut dikerahkan ke lokasi.

Mereka membantu mengevakuasi batang pohon kelapa yang tumbang. Selain BPBD, dari unsur Kecamatan Mangaran, Polsek, Koramil setempat, dan pihak Desa, juga datang ke lokasi kejadian.

"Dua rumah yang tertimpa pohon itu berdampingan. Diperkirakan panjangnya 14 meter, leber 5 meter dan tinggi 3 meter," papar Puriyono. (fat/fat)