Ini yang Dilakukan Kapolrestabes Surabaya Saat Libur Lebaran

Zaenal Effendi - detikNews
Minggu, 17 Jun 2018 13:50 WIB
Kapolrestabes Surabaya pantau suasana lebaran ketiga/Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - Beberapa tempat wisata di Surabaya ramai dikunjungi. Di antaranya Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan Pantai Kenjeran. Suasana ramai pengunjung ini dimanfaatkan Polrestabes Surabaya bersama jajaran memantau lokasi wisata.

Pantauan lokasi wisata ini bagian dari Operasi Ketupat Semeru 2018. Bekerja sama dengan Dishub Surabaya, Satpol PP dan TNI.

"Hari ini kami dari satgas Ketupat Semeru 2018 Polrestabes Surabaya melihat langsung dan memastikan pengunjung aman dan nyaman," kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan kepada wartawan di KBS, Minggu (17/6/2018).

Selain melakukan pengamanan di luar area parkir, petugas juga mengerahkan anjing pelacak untuk mendeteksi hal-hal yang tidak diinginkan. Petugas juga melakukan pengecekan di luar area KBS.

"Kita juga melakukan pengamanan kerawanan di dalam area KBS. Mulai dari copet. Alhamdulillah hingga lebaran ketiga tidak ada kejadian. Selain pengamanan dalam, kita juga tempatkan tim anti bandit," ujar Rudi.


Kapolrestabes pantau lokasi wisata di Surabaya/Kapolrestabes pantau lokasi wisata di Surabaya/ Foto: Zaenal Effendi


Rudi menjelaskan pihaknya menempatkan tim anti bandit di dalam KBS untuk menghindari kriminalitas di dalam area KBS.

"Tim anti bandit kita tempatkan di dalam untuk menghindari kriminalitas. Selain itu juga ada polwan-polwan yang siap membantu pengunjung," kata Rudi.

Saat mengecek suasana di KBS, Kapolrestabes Surabaya dan jajaran sempat berinteraksi dengan pengunjung, penjual makanan dan memberi makan satwa dengan pengunjung.

"Kebun Binatang Surabaya ini sangat ramai. Puluhan ribu pengunjung hadir pada musim liburan. Jadi memerlukan pengamanan ekstra," tandasnya.

Sementara Arianti Ragil Putri (23), salah satu pengunjung dari Sidoarjo mengaku senang dengan hadirnya polwan-polwan cantik dan anggota polisi lainnya di lokasi KBS.

"Senang ada petugas polisi. Pengunjung bisa nyaman dan aman saat wisata di KBS bersama keluarga," ujarnya. (ze/fat)