DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 23:15 WIB

Kapolda Jatim dan Pangdam V Pantau Pos Pengamanan Lebaran

Zaenal Effendi - detikNews
Kapolda Jatim dan Pangdam V Pantau Pos Pengamanan Lebaran Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman melakukan safari keliling Surabaya. Safarinya ini sembari melakukan pengecekan pos pengamanan dan pos pelayanan di beberapa titik.

"Nantinya ini siapa tahu ada takbiran yang keliling-keliling perlu pengamanan dan pemantauan dan kita menjaga masyarakat yang keliling itu," ujar Machfud ditemui usai menilik pos pengamanan di depan Kebun Binatang Surabaya, Jalan Darmo Surabaya, Kamis (14/6/2018).

Sebelumnya, Machfud mengaku telah mengimbau masyarakat untuk melakukan takbir di masjid-masjid sekitar rumahnya saja. Hal ini menurutnya dapat menciptakan suasana yang lebih afdol dan khusyuk.

Tetapi, jika menemukan adanya masyarakat yang melakukan takbir keliling, Machfud mengatkan pihaknya akan tetap mengamankan jalannya takbir keliling.

"Imbauan kemarin saya berharap takbiran itu bisa di masjid dan dengan afdol tapi kalau tidak kita tetap melakukan pengamanan terhadap masyarakat," imbuh jenderal bintang dua ini.

Di kesempatan yang sama, Machfud juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak sembarangan dalam bermain petasan. Dia menambahkan telah memerintahkan seluruh jajaran agar menertibkan masyarakat yang bermain petasan, terlebih yanh menimbulkan ledakan keras.

"Untuk petasan, kita akan melakukan penertiban apalagi yang bisa menimbulkan ledakan yang keras. Akan kita cari sumber ledakan itu kalau petasan," ungkapnya.

Namun untuk petasan yang kecil dan tidak menimbulkan ledakan keras, dia mengatakan masih tidak terlalu masalah. Tetapi dia mengupayakan agar masyarakat tidak seenaknya main petasan karena membahayakan.

"Kalau mungkin sekadar petasan yang ringan-ringan mungkin nggak terlalu masalah, tapi diupayakan jangan lah, saya perintahkan kepada jajaran saya untuk melakukan penertiban kepada petasan," katanya.

Tak hanya itu, petasan juga dinilai bisa berbahaya jika terlalu besar. Machfud memberi contoh ledakan petasan di Madura yang mengakibatkan luka.

"Karena beberapa hari yang lalu sampai ledakan yang mengakibatkan orang luka di Madura, itu kan dari petasan," ujarnya mencontohkan.

Kendati demikian, Machfud mengatakan safarinya ini juga untuk memberi semangat dan apresiasi kepada petugas yang berjaga. Hal ini dia wujudkan dengan membagikan bingkisan kepada para polisi yang merelakan waktu libur untuk tetap menjaga keamanan di Jatim.

"Tentunya kita akan melihat dan memberikan sedikit apresiasi kepada petugas petugas di pos pengamanan wilayah Surabaya dan Sidoarjo," lanjutnya.

Dalam pengamanan ini, rombongan Machfud mengecek tiga tempat. Pertama di Pos Pengamanan Kebun Binatang Surabaya, lalu dilanjutkan di Pos Pengamanan Surabaya Plaza dan terakhir di Taman Bungkul.
(ze/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed