DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 18:45 WIB

60 Ribu Jemaah akan Salat Ied di Masjid Al Akbar, Ini Persiapannya

Zaenal Effendi - detikNews
60 Ribu Jemaah akan Salat Ied di Masjid Al Akbar, Ini Persiapannya Masjid Al Akbar Surabaya (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) diprediksi akan kedatangan 60.000 jemaah untuk salat ied. Sembari menunggu keputusan sidang isbat Kementerian Agama yang akan dilakukan petang nanti, sejumlah persiapan telah dilakukan.

Persiapan ini dilakukan pasalnya sejumlah tokoh dan Forkopimda di Jatim biasanya akan melakukan salat ied di sini.

"Pelayanan kepada jamaah menjadi prioritas. Terutama soal arus lalu lintas," ujar Humas Masjid Al Akbar Helmy M Noor, Kamis (14/6/2018).

Dalam hal ini, Helmi memberi sedikit saran pada jamaah jika ingin menghindari kemacetan. Yakni, dimohon untuk hadir sebelum pukul 05.00 WIB. Hal ini agar tidak terjadi penumpukan saat parkir dan masuk ke masjid.

Tak hanya itu, pihak MAS juga telah menyediakan beberapa lokasi parkir sesuai dengan arah kedatangannya. Misalnya saja untuk jamaah yang masuk melalui pintu barat, telah disediakan lokasi parkir di halaman barat masjid sisi selatan. Atau tepatnya di lapangan volly.


"Para jamaah yang masuk masjid melalui pintu barat lokasi parkir berada di halaman barat masjid sisi selatan atau lapangan Volly, dan dilarang keras parkir di pinggir jalan tol," tambah Helmi.

Sedangkan dari arah Pagesangan, jamaah bisa langsung parkir di lapangan MAS tepat di sebelah Barat gereja. Sementara untuk jamaah dari arah Ahmad Yani, Menanggal, Graha Pangeran dan Gayungsari diimbau untuk masuk melalui pintu Utara lalu parkir di lapangan MAS atau sebelah gereja.

Sementara untuk dari arah Ahmad Yani yang melalui Injoko dan Gayungsari II, Helmi menambahkan dibuka tempat parkir di tanah lapang sebelah barat gereja. Selain itu, ada pula lapangan di Kantor PWNU Jatim yang dibuka untuk lahan parkir.

"Kalau dari dari arah Ahmad Yani, Injoko, Gayungsari II bisa parkir di tanah lapang sebelah barat gereja. Jika dari arah Jl Lingkar MAS, jamaah bisa langsung parkir di area parkir MAS melalui pintu selatan, tepat di depan Restoran Agis. Selain itu, jamaah juga bisa parkir di lapangan PWNU yang cukup luas," lanjutnya.

Tak hanya itu, untuk parkir khusus yang bertanda stiker MAS, Helmi mengungkapkan bisa diakses melalui pintu utara. Sementara jika dari tol, bisa melalui pintu barat dan selatan. Namun untuk parkir motor ada di halaman masjid sisi utara melalui pintu timur dan utara.


"Untuk parkir sepeda motor berada di halaman masjid sisi utara dan masuknya melalui pintu timur dan utara," ujar Helmi.

Selain itu, untuk kenyamanan jamaah, MAS menyiapkan dokter dan petugas kesehatan yang standby di ruangan dan keliling di area ibadah. Ada pula empat ambulans yang siaga di lokasi.

Sementara untuk jamaah yang menggunakan kursi roda, MAS menyiapkan akses dan tempat wudhu khusus. Tak hanya itu, nantinya akan ada petugas yang khusus untuk memberikan panduan. Untuk lokasinya berada di gerbang timur Masjid, sisi kanan untuk pria dan sisi kiri untuk wanita. Dalam hal ini. juga disiapkan tiga kursi roda.

Untuk salat Idul Fitri akan dimulai tepat pukul 06.00 WIB. Dengan dipimpin Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya KH Abdul Hamid Abdullah. Sedangkan untuk Khatib salat adalah seorang budayawan nasional KH. D. Zawawi Imron yang akan menyampaikan khutbah dengan tema Mewujudkan Rasa Kasih Sayang.
(ze/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed