DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 17:45 WIB

Hingga H-1 Lebaran, Angka Kecelakaan di Jatim Turun 50%

Sugeng Harianto - detikNews
Hingga H-1 Lebaran, Angka Kecelakaan di Jatim Turun 50% Foto: Sugeng Harianto
Ngawi - Angka kecelakaan pemudik di wilayah Jawa Timur tahun 2018 ini menurun dibanding dengan tahun 2017. Penurunan angka kecelakaan mencapai 50%.

"Angka kecelakaan relatif menurun dibanding tahun lalu. Penurunan berkisar sekitar 50% lah," kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Heri Wahono kepada wartawan saat berkunjung ke rest area Ngale KM 575 tol fungsional Ngawi Solo Kamis (14/6/2018).

Dari data Dit Lantas Polda Jatim, jumlah angka kecelakaan hanya 132 kejadian di seluruh Jawa Timur. Sedangkan tahun 2017 mencapai lebih dari angka 300.


"Angka laka menurun signifikan mulai kegiatan tanggal 7 Juni sampai sekarang 6 hari operasi hanya ada 132 kejadian kecelakaan. Dibandingkan tahun lalu turun separuh selisihnya," ungkapnya.

Dijelaskan Heri saat ini berkurangnya angka kecelakaan karena sudah dioperasikannya ruas tol di Jawa Timur. Termasuk ruas tol fungsional Ngawi Wilangan dan Wilangan Kertosono.

"Saya keliling mulai dari tol fungsional Wilangan Kertosono, bergeser Mengkreng dan terakhir di sini (rest area Ngale Ngawi) arus lintas terpantau lancar. Puncak mudik hari ini. Situasi arus lalu lintas cukup padat," katanya.


Heri mengatakan untuk arus balik pihaknya telah mengantisipasi pengamanan dengan rekayasa di daerah rawan kemacetan. "Kami antisipasi pengamanan untuk mengatur arus lalu lintas dengan merekayasa arus balik . Kalau saat mudik dari timur kan kita utamakan sekarang dirubah untuk arus balik nanti kita utamakan kendaraan dari arah barat," tandasnya.

Dari pantauan detikcom saat ini arus lalu lintas yang melewati ruas tol fungsional Ngawi Solo terpantau ramai lancar. Kendaraan didominasi dari arah barat atau Solo.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed