DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 16:33 WIB

Ditinggal Mudik, Toko Busana di Kota Mojokerto Terbakar

Enggran Eko Budianto - detikNews
Ditinggal Mudik, Toko Busana di Kota Mojokerto Terbakar Petugas PMK berjibaku memadamkan api (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto - Sebuah toko busana di pusat perbelanjaan Kota Mojokerto terbakar hebat. Sebanyak 11 mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

Kebakaran melanda toko busana dan kain Warna-Warni di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Sentanan, Magersari, Kota Mojokerto. Asap hitam pekat membumbung tinggi dari bagian belakang toko yang terbakar.

Warga sekitar secara sukarela membantu petugas pemadam kebakaran (PMK) untuk memadamkan api. Api yang diketahui sejak sekitar pukul 11.30 WIB di gudang di belakang toko, dengan cepat membesar.

Api menjalar ke seluruh bagian di lantai 1, 2, dan 3 toko tersebut. Kondisi ini membuat pemilik toko yang bersebelahan dengan Warna-Warni memerintahkan karyawannya mengevakuasi barang dagangan.

Pasalnya, dikhawatirkan api akan menjalar ke toko di sekitarnya. Seperti toko parfum dan toko buku yang terletak di sisi kanan toko Warna-Warni. Toko yang terbakar terletak di pusat perbelanjaan paling ramai di Kota Mojokerto.


Saat kebakaran terjadi, toko busana Warna-Warni sedang tutup lantaran ditinggal mudik pemiliknya. Petugas PMK terpaksa menjebol pintu aluminium toko tersebut yang terkunci rapat.

Upaya ini untuk memudahkan petugas memadamkan api yang membakar seisi toko. Barang dagangan dan peralatan di dalam toko hangus dilalap api.

Ditinggal Mudik, Toko Busana di Kota Mojokerto TerbakarFoto: Enggran Eko Budianto
"Saya hanya melihat ada asap tebal, orang-orang pada berlarian ada kebakaran. Toko ini tutup sejak pagi, kosong, tak ada orangnya," kata Rianah (60), warga sekitar di lokasi kebakaran kepada wartawan di lokasi, Kamis (14/6/2018).

Untuk memadamkan api, sebanyak 11 mobil PMK diterjunkan ke lokasi kebakaran. Sejumlah anggota polisi dan TNI juga turut membantu memadamkan api.

Setelah berjibaku sekitar 2 jam lamanya, petugas PMK berhasil menjinakkan api yang membakar toko busana Warna-Warni. Sehingga api tak menjalar ke toko dan rumah di sebelahnya.


Hingga pukul 15.30 WIB, petugas PMK masih melakukan pembasahan di lantai 1 dan 3 toko Warna-Warni yang terbakar. Upaya ini untuk mencegah api kembali muncul di dalam toko tersebut.

Kapolresta Mojokerto AKBP Sigit Dany Setiyono memastikan tak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran ini. Menurut dia, saat kebakaran terjadi, toko sedang tutup sehingga tanpa penghuni.

"Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan, kerugian material juga dalam penyelidikan," tandasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed