Bukan Pertama Kali, Pabrik Pengolahan Plastik Terbakar Dua Kali

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 11 Jun 2018 10:55 WIB
Foto: Istimewa
Malang - Pabrik pengolahan plastik di Lawang, Kabupaten Malang, bukan pertama kalinya terbakar. Terakhir, pabrik pengolahan plastik milik PT Tri Surya Plastik ini hangus terbakar pada Febuari 2017.

Kebakaran hebat melanda pabrik pengolahan plastik milik PT Tri Surya Plastik, Rabu (8/2/2017), sekitar pukul 05.30 Wib. PMK dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api yang mulai merembet ke pemukiman warga di belakang pabrik.

Hampir 24 jam lamanya, api yang membakar bahan baku dan bahan mudah terbakar lain, belum berhasil dipadamkan. Pabrik milik Siswanto di Jalan Sumbersuko, Ketindan, ini pun mengalami kerugian hingga Rp 10 miliar.


"Kalau tidak salah, ini sudah ketiga kalinya terbakar. Terakhir tahun lalu," ungkap warga yang tinggal tak jauh dari lokasi kebakaran.

Dini hari tadi, bagian gudang PT Tri Surya Plastik kembali terbakar. Seperti tahun lalu, api berkobar sangat cepat dan sulit dipadamkan. Petugas baru bisa menjinakkan api pagi tadi. Pembasahan terus dilakukan, agar tidak kembali muncul titik api.

Kapolsek Lawang Kompol Gaguk Sulistiyo mengaku, tengah menyelidiki penyebab pasti dari kebakaran. Titik api awalnya membakar bagian gudang.

"Penyebabnya akan diselidiki," ujar Gaguk kepada wartawan di lokasi kebakaran, Senin (11/6/2018).


Siswanto (56), pemilik usaha mengakui jika kebakaran bukan yang pertama kalinya. Pada 2001 dan 2007 usaha sudah dirintis puluhan tahun hangus terbakar.

"Yang terbakar plastik sisa kebakaran dulu palet, dan kertas. Kami menduga karena korsleting listrik," beber Siswanto secara terpisah.

Saat kebakaran terjadi, Siswanto tengah tertidur. Dia dibangunkan warga saat melihat usahanya terbakar. (fat/fat)