DetikNews
Jumat 08 Juni 2018, 17:01 WIB

Rem Blong Jadi Penyebab Bus Masuk Jurang di Situbondo

Ghazali Dasuqi - detikNews
Rem Blong Jadi Penyebab Bus Masuk Jurang di Situbondo Bus yang masuk jurang di Situbondo (Foto: Ghazali Dasuqi)
Situbondo - Rem blong menjadi penyebab terjunnya bus angkutan lebaran ke jurang di perbatasan Kabupaten Situbondo-Bondowoso. Insiden kecelakaan tunggal ini terjadi saat bus melaju dari arah Bondowoso melewati jalanan berkelok di jalan raya Arak-arak Bondowoso menuju Situbondo.

Setibanya di jalanan menurun dan menikung menjelang lokasi kejadian, rem bus itu diduga mendadak tidak berfungsi. Akibatnya bus melaju dengan tidak terkendali hingga menabrak pembatas jalan dekat tikungan, sebelum akhirnya terjun ke jurang.


"Kecelakaan terjadi karena rem bus blong, jadi lepas kendali," kata Kanit Laka Sat Lantas Polres Situbondo Ipda Teguh Santoso, Jumat (8/6/2018).

Beruntung, badan bus masih tersangkut dua pohon jati ukuran besar pada kedalaman 6 meter. Sehingga tidak sampai terjun total ke dasar jurang berkedalaman puluhan meter tersebut. Meski begitu, kuatnya benturan membuat bodi bus banyak yang ringsek. Kaca-kacanya juga pecah berantakan. Bus bersandar ke pohon jati dengan posisi terguling.


Dalam kecelakaan ini, tak ada korban jiwa. Namun 8 penumpang bus terluka. Mereka sudah dievakuasi ke puskesmas dan rumah sakit terdekat.

"Untuk evakuasi bangkai bus itu masih kami upayakan, karena posisinya cukup sulit. Makanya, kami masih akan berkoordinasi dengan pemilik," tandas Teguh.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +