DetikNews
Kamis 07 Juni 2018, 17:59 WIB

Jasa Marga: Kendaraan di Tol Sugem Diprediksi Naik 14 Persen

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jasa Marga: Kendaraan di Tol Sugem Diprediksi Naik 14 Persen Foto: Muhajir Arifin/File
Surabaya - PT Jasa Marga cabang Surabaya Gempol memprediksi ada lonjakan kendaraan sebesar 14% saat mudik lebaran nanti. Peningkatan volume kendaraan melalui tol Surabaya-Gempol (Sugem) diprediksi akan terjadi mulai tanggal 11 Juni 2018 atau H-7 lebaran.

Data yang ada, angka kenaikan sebesar 14% tersebut mencapai 244.129 dari kondisi normal yakni 213.891 kendaraan.

"Dari jumlah tersebut kami memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang sebanyak 14%," ujar General Manager PT Jasa Marga cabang Surabaya Gempol, AJ Dwi Winarsa kepada detikcom, Kamis (7/6/2018).


Dwi mengatakan, guna mengantisipasi kepadatan penumpang tersebut, pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi misalnya dengan menyiapkan penambahan gardu Gerbang Tol (GT) Sidoarjo 1 untuk kendaraan yang menuju arah Porong.

Tak hanya itu, ada pula dua gardu tambahan di GT Kejapanan 1 yang siap difungsikan jika terjadi antrean dan penumpukan kendaraan.

"Sementara di GT Sidoarjo 2 jika padat dialihkan ke GT Sidoarjo 1. Apabila ada antrean di GT Kejapanan 2 maka lalin dialihkan keluar Gempol menuju Porong Lama," paparnya.


Jasa Marga juga menyediakan layanan guna mengantisipasi beberapa kejadian seperti kendaraan yang mogok hingga kecelakaan. Layanan yang disiapkan tersebut yakni 6 unit truk derek, 1 mobil pick up, 2 ambulans, 5 unit mobil patroli juga 4 unit PJR.

"Kami juga menyiapkan 38 unit CCTV dan 8 unit VMS," lanjutnya.


Selain layanan tersebut, Jasa Marga juga menyediakan fasilitas penjualan kartu e-toll dan pengisian di beberapa ruas jalan tol. Ini dilakukan jika pengemudi lupa membawa kartu e-toll atau lupa belum mengisi. Penjualan itu bisa didapat di beberapa Gerbang Tol seperti GT Waru Utama, GT Sidoarjo 1, GT Kejapanan 1, GT Madura, GT Dupak 1, hingga GT Satelit.

Namun untuk top up e-toll, Dwi menegaskan hal itu hanya dapat dilakukan di rest area 26 A. Itupun bergiliran. "Untuk top up ada di rest area 26 A, tanggal 7-8 (Juni) BRI, 9-10 Mandiri, 11-12 BCA, dan 13-14 BNI, jadi digilir," paparnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed