Pilgub Jatim 2018

Program Kreatif Gus Ipul-Puti Ini Solusi Pacu Desa Wisata Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 06 Jun 2018 15:13 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Program kreatif yang disiapkan Cagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Cawagub Puti Guntur Soekarno bisa mempercepat pengembangan desa wisata di Banyuwangi.

"Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di pelosok kampung bakal tumbuh lebih cepat untuk menyejahterakan warga desa, karena Gus Ipul-Puti punya program pengembangan desa wisata," ujar Ketua DPRD Banyuwangi Made Cahyana Negara, Rabu (6/6/2018).

Made mengatakan, setiap tahun, Gus Ipul-Puti menyiapkan pengembangan seribu desa wisata, yang berarti ada 1.000 pokdarwis akan dilibatkan. 1.000 Pokdarwis itu bakal digelontor modal serta diberi bantuan berbagai fasilitas, seperti kelengkapan alat penunjang di destinasi wisata dan homestay milik rakyat.

"Selain itu, ada pelatihan bahasa, manajemen pariwisata, manajemen homestay, dan sebagainya, yang itu semua bisa menguatkan pokdarwis-pokdarwis," kata Ketua PDIP Banyuwangi itu.

Made menambahkan, masyarakat di kawasan desa wisata juga bakal diberdayakan sehingga bisa ikut terlibat dalam kegiatan ekonomi produktif. Misalnya, ibu-ibu diajak menjajakan kuliner berkualitas untuk wisatawan yang datang ke desa wisata tersebut. Demikian pula anak-anak muda dilatih membuat suvenir.

"Program pengembangan 1000 desa wisata Gus Ipul-Mbak Puti ini akan membuka 250.000 lapangan kerja baru tiap tahun dengan tumbuhnya sektor ekonomi rakyat di bidang kuliner, suvenir, pemandu wisata, homestay dan sebagainya. Karena rata-rata satu desa wisata bisa melibatkan sedikitnya 250 warga. Itu baru tiap tahun lho, ke depannya pasti skala ekonominya terus membesar," papar Made.

Menurut Made, program itu sangat cocok untuk membangun desa wisata yang ada di Banyuwangi. "Sehingga pokdarwis-pokdarwis dan masyarakat desa wisata di Banyuwangi bisa semakin kuat," ujarnya.

Dia mencontohkan keberadaan Kampung Durian di kawasan Songgon, Banyuwangi. Dengan program Gus Ipul-Puti, bakal disulap menjadi lebih bagus dengan pelibatan masyarakat sekitar untuk mengolah berbagai peluang ekonomi di kampung itu.

"Demikian pula desa-desa wisata lainnya di Banyuwangi, pasti tambah maju dengan program Gus Ipul-Puti itu," pungkas Made.



Saksikan juga video: 'Khofifah Pertanyakan Program Gus Ipul Soal Serap Tenaga Kerja 750 Ribu/Tahun'

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)