Cek Kendaraan Mudik, Dishub Jatim Temukan 2.800 Bus Tak Layak Jalan

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 06 Jun 2018 08:59 WIB
Foto: Zaenal Effendi/File
Surabaya - Dinas Perhubungan Jawa Timur gencar melakukan pengecekan kendaraan (ramp check) yang akan digunakan mudik, salah satunya bus. Dalam operasi rutin yang digelar di beberapa terminal pada akhir Mei, Dishub Jatim menemukan 2.800 bus tak layak jalan.

"Sampai dengan bulan Mei kita sudah memeriksa kurang lebih bus ada 36.000 kendaraan di terminal, dan kendaraan yang ketahuan melanggar ada sebanyak 7,67% atau 2.800 bus," ungkap Kabid Angkutan Jalan Dishub Jatim Isa Anshori kepada detikcom, Rabu (5/6/2018).

Tak hanya melakukan pengecekan kendaraan di dalam terminal saja, Isa juga mengatakan pihaknya telah mengecek 40.000 kendaraan baik bus maupun truk di jalan raya. Hasilnya, ditemukan 8.300 kendaraan atau 21% yang dianggap tak layak jalan.


Sementara untuk penanganannya, Isa mengaku akan melakukan penilangan hingga melarang kendaraan tersebut untuk beroperasi. Pihaknya juga akan menindak tegas jika ada pengemudi yang melanggar.

"Kami juga telah melakukan tindakan baik berupa tilang dan lain sebagainya. Sementara itu kami juga melarang bagi kendaraan yang tidak layak untuk terus berjalan, jika mereka berani kami akan lakukan tindakan tegas," lanjutnya.


Ditanya mengenai kesiapan kendaraan yang akan melayani pemudik tahun ini, Isa mengaku semua transportasi dari darat, laut hingga udara telah siap dan memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan ketika lebaran 2018 nanti.

"Angkutan lebaran sudah siap dan mencukupi dan siap mengantarkan pemudik," tutupnya. (lll/lll)