Persiapan Mudik, Tim Sapu Lubang Mulai Perbaiki Jalur Selatan Jatim

Adhar Muttaqin - detikNews
Minggu, 27 Mei 2018 13:10 WIB
Jalur Selatan Jatim Mulai Diperbaiki/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Menjelang mudik lebaran 2018, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) mulai melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan nasional di jalur selatan Jawa Timur. Hal ini seperti yang dilakukan di ruas jalan nasional di Trenggalek.

Tim Sapu Lubang dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN), Kementerian PUPR mulai menyisir jalan berlubang di ruas Jalan Nasional Trenggalek-Ponorogo serta Trenggalek-Pacitan. Petugas melakukan penambalan di titik jalan berlubang maupun mengalami kerusakan ringan hingga sedang.

Salah seorang Penilik Jalan Nasional di Trenggalek, Prisma Harminadi mengatakan kegiatan sapu lubang mulai dilakukan sejak tiga hari terakhir dan rencananya akan diintensifkan hingga sepekan menjelang lebaran.

"Untuk di Trenggalek ada dua ruas jalan yang sedang kami lakukan perbaikan. Mulai dari Jarakan sampai batas Ponorogo serta ruas Jarakan sampai Pacitan. Targetnya saat arus mudik, kondisi jalan sudah baik," kata Prisma, Minggu (27/5/2018).

Menurutnya, selain menambal, petugas juga memperbaiki beberapa titik jalan yang ambles. Seperti yang terjadi di perbatasan Trenggalek-Ponorogo. Perbaikan jalan ambles dilakukan agar tidak membahayakan pengguna jalan.

"Untuk sapu lubang kali ada dua tim, satu untuk ruas Jarakan-Ponorogo. Sedangkan yang satunya Jarakan-Pacitan," ujar Prisma.

Dari hasil inspeksi yang dilakukan, untuk kondisi Jalan Nasional Trenggalek tingkat kerusakannya ringan hingga sedang. Pihaknya optimistis proses perbaikan jalan akan rampung sebelum arus mudik.

"Kami berharap dengan penambalan jalan diharapkan jalur mudik di selatan Jawa Timur ini dapat dilalui dengan lancar oleh para pemudik," jelasnya.

Sementara dalam persiapan jalur mudik, BBPJN juga melakukan perbaikan sejumlah marka jalan yang kondisinya mulai memudar.

Ruas Jalan Nasional Ponorogo-Trenggalek merupakan salah satu titik jalur mudik di selatan Jatim. Jalur tersebut menjadi penghubung langsung antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah. Para pemdudik yang memanfaatkan jalur selatan biasanya adalah perantau dari wilayah Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar hingga Malang. (fat/fat)