DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 19:48 WIB

Pilgub Jatim 2018

PDIP Siapkan 135 Ribu Saksi untuk Amankan Suara Gus Ipul-Puti

Deni Prasetyo Utomo - detikNews
PDIP Siapkan 135 Ribu Saksi untuk Amankan Suara Gus Ipul-Puti Foto: Deni Prasetyo Utomo
Surabaya - PDI Perjuangan (PDIP) menyiapkan strategi untuk memenangkan pasangan Gus Ipul-Puti dalam Pilgub 2018, 27 Juni mendatang. Salah satunya mempersiapkan 135 ribu saksi.

"Untuk memastikan kemenangan pasangan Gus Ipul-Puti, PDIP telah melakukan beberapa langkah strategis. Salah satunya adalah penguatan saksi," kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto disela Rapat Konsolidasi Pemenangan Pilgub Jatim 2018 di Kantor DPD PDI Perjuangan Jatim, Jumat (25/5/2018).

Untuk itu, PDIP menyiapkan 135 ribu saksi. Saksi-saksi ini nantinya akan ditempatkan di seluruh TPS di Jawa Timur. "Satu TPS, dari PDI Perjuangan akan ada dua saksi," jelas Hasto.

Menurut Haston, saksi adalah salah satu kunci untuk melakukan pengamanan suara dalam pemilu. Untuk itu, pihaknya telah sudah melakukan pelatihan saksi-saksi yang berkelanjutan. Saksi-saksi yang digunakan ialah saksi pada Pemilu 2014 lalu.

PDIP Siapkan 135 Ribu Saksi untuk Mengamankan Suara Gus Ipul-PutiFoto: Deni Prasetyo Utomo

"Saksi-saksi ini sudah kami perkuat. Mereka adalah orang-orang yang telah terlatih dan teruji sebelumnya," ujar Hasto.

Tidak hanya saksi. PDIP Jatim juga menyiapkan ruangan khusus untuk proses penghitungan suara.

"Persiapan sudah dipersiakan. Bahkan untuk perhitungan suara pun sudah disiapkan. Sudah ada 38 komputer untuk memonitoring suara di 38 Kota/Kabupaten di Jawa Timur," ujar Hasto.

Hasto menambahkan, dalam kurung waktu satu bulan terakhir sebelum pemilihan, pihaknya sudah melakukan penguatan mesin partai.

"Kita menintergrasikan antara kekuatan mesin partai, relawan yang menyatu dengan kekuatan rakyat dan ada diferensiasi yang kita tangkap dari penjabaran visi misi Gus Ipul-Mbak Puti," tandasnya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed