DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 19:46 WIB

Begini Serunya Ngabuburit 3 in 1 di Sentono Gentong Pacitan

Purwo S - detikNews
Begini Serunya Ngabuburit 3 in 1 di Sentono Gentong Pacitan Foto: Purwo S
Pacitan - Pacitan memang menyimpan banyak obyek wisata. Namun tempat-tempat ini tak bisa habis dikunjungi dalam satu hari saja. Untungnya Pacitan juga menyediakan lokasi wisata yang berkonsep 3 in 1. Apa itu?

Namanya Sentono Gentong. Di lokasi yang berupa bukit ini, pengunjung bisa menikmati beberapa obyek wisata sekaligus.

"Tempat ini memadukan unsur wisata alam dan wisata spiritual. Bahkan sekarang lokasi ini sedang dikembangkan untuk wisata dirgantara paralayang," kata Ismono, Kepala Desa Dadapan saat berbincang dengan detikcom, Jumat (25/5/2018).

Lokasi Sentono Gentong, yaitu di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku yang berdekatan dengan jalur Pacitan-Solo memudahkan wisatawan untuk menuju tempat ini. Hanya perlu 15 menit dari Kota Pacitan ke arah barat dengan menggunakan mobil atau motor.


Setibanya di pertigaan Tugu Kuning Desa Dadapan, langsung belok kanan. Selanjutnya pengunjung diminta menyusuri jalan desa yang menurun sejauh 1 kilometer.

Memang kondisi jalan masih sempit dan tak cukup untuk berpapasan 2 mobil, namun secara umum cukup aman untuk dilalui karena permukaan jalan sudah berlapis rabat beton.

Loket masuk berada 500 meter sebelum obyek wisata. Pengelola juga telah menyiapkan lahan parkir cukup luas, baik untuk kendaraan roda 4 maupun roda 2.

Begini Serunya Ngabuburit 3 in 1 di Sentono Gentong PacitanFoto: Purwo S

Untuk parkir di tempat ini pengunjung tak dikenakan biaya. Ternyata tiket senilai Rp 10.000 yang dibayarkan saat melewati loket sudah termasuk di dalamnya biaya parkir. Tidak hanya itu saja, untuk perjalanan menuju lokasi pengelola juga menyediakan mobil angkutan gratis.

"Untuk tiket segitu dengan layanan serba gratis menurut saya ya murah banget," ujar Gandung, wisatawan asal Magetan saat bersama detikcom menumpang moda antar jemput berjenis pick up tersebut.

Tak sampai 5 menit, kendaraan yang selalu sarat penumpang itu tiba di perhentian akhir. Begitu menginjakkan kaki di pelataran pegunungan karst itu, mata pengunjung langsung dimanjakan pemandangan menakjubkan.


Barisan pegunungan berbalut awan putih, hamparan hutan nan hijau serta sawah menguning berada di antara pemukiman. Panorama itu berbatas garis lengkung pantai di sisi selatan yang merupakan bibir Samudera Indonesia. Kota Pacitan pun terlihat sempurna dari titik ini. Pas juga untuk digunakan lokasi ngabuburit.

Sebagai obyek wisata baru, Sentono Gentong sendiri masih terus berbenah. Pemerintah desa terus melengkapi fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, mulai dari toilet, tempat sampah darurat hingga pembangunan pagar pembatas. Tak ketinggalan pula beberapa gazebo yang bisa dijadikan tempat rehat sekaligus gardu pandang.

"Mudah-mudahan fasilitasnya segera dilengkapi. Termasuk pagar pembatas supaya keamanan wisatawan terjamin. Karena lokasi ini kan memang di puncak tebing," harap Eny Setyowati, wisatawan asal Desa Kayen.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed