DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 09:40 WIB

Pilgub Jatim 2018

Di Pasar Tembok, Emil Dardak Ingin Angkat Ekonomi Wong Cilik

Zaenal Effendi - detikNews
Di Pasar Tembok, Emil Dardak Ingin Angkat Ekonomi Wong Cilik Foto: Istimewa
Surabaya - Sahur on the road kembali dilakukan calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Emil Elestianto Dardak, Jumat (25/5/2018). Kali ini Emil berkunjung ke Pasar Tembok, Dukuh, Kota Surabaya.

Kehadiran Emil mendapatkan sambutan positif oleh para pedagang. Salah satunya Supriyadi. "Beliau peduli dengan rakyat cilik. Saya yakin Mas Emil dan Ibu Kofifah memenangi Pilkada Jatim dengan angka kemenangan 65 persen," tandasnya diamini pedagang lain.

Pria ini juga menitipkan pesan kepada suami Arumi Bachsin tersebut untuk bisa melindungi masyarakat kecil bila terpilih nantinya, seperti halnya pedagang pasar di Tembok Dukuh ini yang sering ditertibkan petugas.

Katiyem, pedagang bumbu dapur juga menyampaikan harapan besarnya kepada Emil. "Kami berharap banyak pada bapak Emil. Kami ini orang kecil, jangan sering ditertibkan. Disinilah penghidupan kami berada," harapnya.


Emil menyebut kehadirannya adalah menghadiri permintaan masyarakat untuk sahur bersamanya. Apalagi sahur bersama dan jalan-jalan setelah subuh adalah tradisi yang biasa dilakukannya saat bulan Ramadan.

Lewat kegiatan ini, bupati Trenggalek non-aktif itu juga mengaku dapat melihat geliat perekonomian masyarakat kecil.

"Jalan-jalan pagi ke pasar gini kita dapat melihat geliat ekonomi masyarakat. Kita tahu apa kendala dan hal yang dibutuhkan masyarakat," tuturnya.

Sejumlah keluhan pedagang yang ditemuinya, kata Emil, menjadi cacatan penting agar dapat dicarikan solusi ke depannya. Emil menambahkan, kegiatan ini juga akan menjadi model yang ideal untuk menyerap aspirasi riil di masyarakat sekaligus sebagai bukti kehadiran negara.

"Kita perlu lihat secara matang agar kita bisa mengakomodir ekonomi masyarakat kecil, akan tetapi niat baik Pemerintah untuk menyediakan tempat yang layak untuk berjualan perlu juga mendapatkan apresiasi," katanya.


Di Pasar Tembok, Emil Dardak Ingin Angkat Ekonomi Wong CilikFoto: Istimewa

Pada Kamis (24/5/2018) siang, Emil juga bertemu dengan ratusan calon buruh migran yang dikelola PT Prima Duta Sejati, Gempol, Pasuruan.

"Mereka berani merantau ke negeri orang untuk mencari nafkah untuk keluarganya dan memberi implikasi pula pada pertumbuhan ekonomi daerah," ujar Emil.

Emil menyebut pihaknya telah menyiapkan skema pelatihan dan skill yang lebih kompetitif bagi calon TKI agar nilai tawar mereka di luar negeri menjadi lebih baik.


Dalam kesempatan yang sama, Emil sempat mengutarakan keinginannya untuk mewujudkan koperasi dan perumahan bagi buruh migran.

"Saya pikir program koperasi untuk buruh migran bisa kita galakkan, kemudian juga sertifikasi keterampilan sepulangnya mereka. Mereka juga ingin bisa ikut program perumahan rakyat. Mereka pingin bisa nabung program perumahan rakyat bukan bunga yang mahal," pungkasnya.
(ze/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed