DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 11:19 WIB

Hore, Warga Sidoarjo Bisa Mudik Bareng Gratis

Suparno - detikNews
Hore, Warga Sidoarjo Bisa Mudik Bareng Gratis Warga mendaftar mudik bareng di Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo. (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Sebanyak 35 bus gratis disiapkan oleh Pemkab Sidoarjo untuk membantu warga yang ingin mudik ke 7 kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Pelaksanaan mudik bareng gratis ini rencananya akan digelar pada Rabu (13/6/2018) mendatang, dengan dilepas langsung oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Data yang diperoleh dari Dinas Perhubungan Sidoarjo menyebutkan dari 1.925 kursi yang tersedia, sebanyak 1.320 kursi telah terisi, sehingga kursi yang disediakan tinggal 605 kursi.

Ketujuh kota dan kabupaten yang dituju di antaranya 4 bus ke Banyuwangi, 4 bus ke Jember, 2 bus ke Bojonegoro, 9 bus ke Ponorogo, 9 bus ke Magetan, 6 bus ke Trenggalek dan 1 bus ke Blitar.

Selain itu Pemkab juga menyediakan 7 unit truk untuk mengangkut kendaraan roda dua milik pemudik.


Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Sidoarjo Edi Sutiono mengungkapkan sejak pendaftaran mudik bareng ini dibuka, 80 persen kuota yang disediakan telah terpenuhi.

"Bahkan ada beberapa kota tujuan seperti jurusan Blitar itu sejak dibuka pendaftarannya di awal bulan Ramadan kini kuotanya sudah habis," kata Edi kepada wartawan, Kamis (24/5/2018).

Edi menambahkan, hanya ada beberapa kota yang kuotanya masih belum terpenuhi seperti Jember, Banyuwangi dan Bojonegoro yang tinggal 1 bus; Magetan yang tinggal 2 bus; dan Ponorogo yang masih tersisa 3 bus.

Menurut Edi, untuk bisa mendaftar mengikuti mudik bareng ini juga gampang. "Hanya menyediakan persyaratan foto copy KTP dan KK," jelasnya.

Pendaftaran dipusatkan di satu titik, yaitu kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Jalan Raya Candi, Sidoarjo.


Sementara itu, salah satu calon pemudik, Ansori (43) mengaku kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Perhubungan ini sangat membantu masyarakat.

"Mengikuti mudik bareng gratis ini sangat aman. Selain aman juga cepet sampai di tujuan," kata warga Buduran tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh Suprayitno (34), warga Bluru Kidul Sidoarjo. Menurutnya, mudik bareng ini sangat memudahkan warga Sidoarjo yang berasal dari luar daerah.

"Kami sangat bersyukur adanya mudik bareng secara gratis ini. Kegiatan ini sangat diharapkan oleh masyarakat Sidoarjo," tandasnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed