Menengok Pusat Takjil di Bazar Ramadan Pandaan Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 22 Mei 2018 16:33 WIB
Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Mnyiapkan menu berbuka puasa untuk keluarga sudah seperti suatu kewajiban bagi ibu rumah tangga. Menu makanan harus terhidang di meja makan sebelum bedug maghrib.

Namun tidak semua perempuan punya kesempatan menyiapkan hidangan berbuka puasa untuk keluarga. Para perempuan yang tetap bekerja saat Ramadan tentu tak memiliki banyak waktu memasak menu berbuka.

Mereka biasanya lebih memilih membeli aneka menu berbuka yang banyak dijual pedagang dadakan saat bulan Ramadan.

Nah, salah satu tempat yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan aneka menu untuk berbuka ada di Jalan Ahmad Yani, Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Di jalan menuju Pasar Pandaan ini terdapat Bazar Ramadan.

Di Bazar Ramadan Pandaan, belasan penjual menjajakan puluhan jenis sayuran, lauk, makanan ringan dan aneka minuman yang cocok untuk berbuka puasa. Pembeli tak akan kesulitan mendapat menu yang dia inginkan.

Mida, salah satu warga mengungkapkan setiap hari ia selalu mampir ke Bazar Ramadan Pandaan untuk membeli lauk-pauk untuk berbuka. Sebagai karyawan perusahaan, ia mengaku tak punya waktu untuk memasak.

"Saya selalu beli di sini. Kebetulan lokasinya satu arah (dengan jalan) pulang. Masak sendiri nggak mungkin," kata Mida, Selasa (22/5/2018).

Setiap hari Mida berganti menu. "Di sini banyak pilihannya, saya selalu ganti tiap hari. Ini saya beli trancam sama urap-urap," ungkapnya.

Salah seorang penjual mengaku pekan pertama puasa, pembeli di Bazar Ramadan sangat ramai. Ia berharap sepanjang bulan puasa, dagangannya selalu laris.

"Ramai terus setiap hari. Di sekitar sini banyak pabrik jadi banyak karyawan beli di sini," katanya. (bdh/bdh)