Di Malang, Kakak Adik Terduga Teroris Juga Disergap Densus 88

Rahma Lillahi Sativa - detikNews
Jumat, 18 Mei 2018 10:25 WIB
Foto: TKP penangkapan di Malang (M Aminudin/File)
Surabaya - Malang lagi-lagi disambangi Densus 88 Antiteror untuk menangkap dua orang yang diduga terkait dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Keduanya adalah Arif Rahman Hakim (21) dan Ilham Nurali Majid (21), yang diamankan di Jalan Gading Pesantren Blok III, Kelurahan Gading Kasri, Klojen, Kota Malang, Kamis (17/5/2018) malam.

"Keduanya kakak-adik, mereka langsung dibawa oleh Densus," ungkap Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri kepada detikcom, Kamis (17/5/2018) malam.


Keduanya ditangkap tanpa perlawanan di rumah Ilham. Mualaim, kerabat keduanya, mengatakan tak mengetahui persis penangkapan.

"Saya datang usai salat tarawih, sudah banyak polisi bersenjata. Katanya keduanya sudah dibawa polisi," ujar Mualaim kepada wartawan.

Menurut ketua RT, Abdul Mukhid, Ilham memang jarang di rumah belakangan. Ilham juga diketahui tak mempunyai pekerjaan tetap. Namun sang kakak diketahui berjualan roti maryam.

Namun Abdul tahu jika warganya ini sering bepergian ke Surabaya dan Sidoarjo meski tak tahu untuk apa. "Banyak ke Surabaya dan Sidoarjo, saya juga sampai bingung," katanya.

Saat ditangkap, Ilham baru saja pulang dari kediaman ibunya di Magetan. "Ibunya baru meninggal. Ia tinggal sebenarnya di Magetan. Karena si Arif sakit, ia jenguk ke sini," tuturnya.


Sebelumnya Densus 88 juga menangkap pasangan kakak adik terduga teroris, yaitu Anton Febrianto dan Dedi Sulistianto. Namun keduanya ditembak mati petugas karena melakukan perlawanan, di dua tempat yang berbeda.

Anton, sang kakak dilumpuhkan terlebih dahulu di Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo pada hari Minggu (13/5), sedangkan sang adik ditembak melalui aksi penggerebekan di sebuah rumah kos di Jalan Sikatan IV, Manukan Kulon, Tandes, Surabaya pada hari Selasa (15/5).

"DS ini adalah adik yang Rusunawa Sidoarjo itu," kata Wali Kota Tri Rismaharini saat mendatangi lokasi penggerebekan terduga teroris di Jalan Sikatan IV.



Tonton juga, Densus 88 geledah rumah terduga teroris di Cirebon:

[Gambas:Video 20detik]

(lll/lll)