DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 18:55 WIB

Budi yang Ditembak Mati di Sidoarjo Sering ke Lapas Napi Teroris

Suparno - detikNews
Budi yang Ditembak Mati di Sidoarjo Sering ke Lapas Napi Teroris Foto: Suparno/detikcom
Sidoarjo - Terduga teroris Budi Satrio terpaksa ditembak mati Tim Densus 88 Antiteror di Perum Puri Maharani, Senin (14/5), karena melakukan perlawanan. Warga sekitar pun berbicara tentang kesehariannya.

Ketua RT 3 RW 1 Dusun Kwadengan, Kelurahan Lemahputro, Kecamatan Sidoarjo Kota, tempat Budi tinggal, Heri Soesanto, mengaku tak begitu mengenal Budi dengan baik.

"Saya secara pribadi tidak kenal secara langsung. Namun, secara kelembagaan, yang bersangkutan benar warga Jalan Avia 193 Perum AURI," kata Heri kepada detikcom saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (17/5/2018).


Namun Heri ingat persis bahwa ia sering didatangi sejumlah petugas berpakaian preman yang menanyakan tentang warganya tersebut.

Ia mengisahkan setahun lalu ada petugas Intelkam dari Polri menemuinya dan menanyakan tentang profil Budi.

"Menurut pengakuan dari petugas Intelkam Polri, yang bersangkutan sering mendatangi para napiter (narapidana terorisme) yang ada di lapas," ungkap Heri.


Namun, di lingkungan rumah Budi, Heri yakin tidak pernah melihat adanya kegiatan-kegiatan yang mengarah pada radikalisme.

"Di lingkungan keluarganya, menurut warga yang terdekat, tidak ada kegiatan-kegiatan yang mengarah ke radikalisme," terang Heri.


Terkait jenazah Budi yang belum diambil dari RS Bhayangkara Polda Jatim, Heri mengungkapkan di rumah warganya itu hanya tinggal sang ibu yang bernama Kamsun dan kakak perempuannya.

Akan tetapi beberapa waktu lalu, Heri mengaku ada dua kerabat Budi yang akan mengurus surat keterangan pengambilan jenazah bagi terduga teroris yang diduga masih masuk jaringan Jamaah Ansharut Daulah itu.

Surat itu, lanjut Heri, telah diberikan kepada kedua kerabat Budi untuk ditindaklanjuti karena Budi memang masih tercatat sebagai warga di lingkungan Jalan Avia Perum AURI.

"Menurut informasi dari pengurus RW setempat, jenazah Budi Satrio tidak diizinkan dimakamkan di pemakaman Lemah Putro. Namun, menurut keterangan dari pihak keluarga, Budi akan dimakamkan di TPU Delta Praloyo Lingkar Timur, Sidoarjo," tutupnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed