DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 15:16 WIB

3 Terduga Teroris Probolinggo Kerap Beraktivitas di Musala Ini

M Rofiq - detikNews
3 Terduga Teroris Probolinggo Kerap Beraktivitas di Musala Ini Musala eksklusif milik kelompok tiga terduga teroris di Probolinggo. (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Sebuah musala dan lembaga pendidikan di Perum STI menjadi saksi bisu keseharian tiga terduga teroris yang diamankan di Probolinggo, Rabu (16/5) malam.

Dua dari tiga terduga teroris tersebut diamankan di musala ini. Belakangan diketahui jika ketiganya memang sering berkegiatan di musala yang terletak di Jalan Taman Puspa Indah Perum STI Blok 09 RT 08 RW 06 Kelurahan Sumbertaman Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo ini.

Terduga teroris Muhammad Fatwa (32) juga diketahui menjadi guru mengaji di musala yang merangkap lembaga pendidikan tersebut.

Oleh warga sekitar, pria ini pun dikenal dengan sebutan Ustad Fatwa. "Setiap harinya dia banyak beraktivitas disana," terang salah satu warga bernama Yani (40) kepada detikcom, Kamis (17/5/2018).


Yani menambahkan, musala ini juga kerapkali dijadikan sebagai tempat pengajian bagi kelompok Fatwa, sehingga terkesan eksklusif.

3 Terduga Teroris Probolinggo Kerap Beraktivitas di Musala IniFoto: M Rofiq

Peserta yang datang ke pengajian itu tidak hanya warga Probolinggo, melainkan dari daerah lain.

"Kalau orang di daerah sini tidak mengikuti ajaran itu, karena dinilai ajaran agamanya tidak seperti pada umumnya," paparnya.


Secara kebetulan posisi musala dan lembaga pendidikan ini memang di ujung selatan dari jalan perumahan ini, sehingga aktivitasnya tidak begitu terlihat.

"Jadi jalan ini merupakan jalan buntu. Selatan musala sudah sungai," lanjut Yani.

Lokasi bangunan ini pun hanya berjarak 75 meter di sebelah selatan rumah Harit S Arifin, salah satu terduga teroris lain yang diamankan.

Dari pantauan detikcom, pasca penangkapan ketiga terduga teroris, kedua bangunan tampak kosong dan tidak terlihat ada aktivitas belajar mengajar atau kegiatan lainnya. Bahkan semua pintu ruang di lembaga tersebut tampak tertutup rapat.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed