DetikNews
Selasa 15 Mei 2018, 18:25 WIB

Ancam Pakai Setrum Kejut, Otak Pencurian 4 ABG di Situbondo Diburu

Ghazali Dasuqi - detikNews
Ancam Pakai Setrum Kejut, Otak Pencurian 4 ABG di Situbondo Diburu Foto: Ghazali Dasuqi/File
Situbondo - Perburuan otak pelaku pencurian yang dilakukan 4 ABG (Anak Baru Gede) di Situbondo dilakukan. Muncul fakta baru, jika sang otak pelaku berinisial AR tidak hanya menikmati hasil kejahatan yang dilakukan para ABG saja. Pria yang sudah pernah beristri ini juga mengancam ke-4 ABG agar mau disuruh mencuri.

Tidak tanggung-tanggung, hasil pengembangan polisi sudah ada 12 TKP pembobolan yang dilakukan para pelaku. Keempat anak yang masih di bangku SMP itu nekat mencuri, karena takut ancaman pelaku yang akan menyetrumnya.

"Otak pelaku ini mengancam anak-anak itu dengan alat setrum kejut, agar mereka mau mencuri. Ancaman itu dilakukan di pinggir sebuah tanggul sungai di Kecamatan Suboh. Jadi, ini jelas sudah masuk eksploitasi anak, bisa dijerat dengan pasal berlapis," kata Kasatreskrim Polres Situbondo, AKP Masykur di Mapolres, Selasa (15/5/2018).


Masykur menambahkan, barang bukti hasil kejahatan di 12 TKP keempat pelaku hingga kini juga masih belum banyak yang berhasil diamankan. Sebab, para pelaku mengaku menyetor hasil curiannya kepada si AR. Berikutnya, si otak pelaku inilah yang menjual barang-barang hasil curian tersebut.

"Jadi yang tahu ya dia (AR, red), kemana saja menjual barang hasil curian itu. Makanya sampai sekarang upaya pengejaran masih terus dilakukan anggota Resmob dan Polsek," tandas perwira polisi asal Bangil Pasuruan ini.

Sementara hingga kini keempat ABG masih dalam pemeriksaan polisi. Meski demikian, keempat pelaku berinisial MY (15), KW (13), SF (14), dan BR (15), diizinkan pulang dengan jaminan pihak desanya. Mereka tidak ditahan karena tidak ada ruang khusus anak di tahanan Mapolres Situbondo.


"Di sini belum ada ruangan khusus anak, makanya mereka tidak ditahan. Tapi pihak desa menjamin mereka bisa dihadirkan kapan saja jika dibutuhkan untuk pemeriksaan. Selain itu mereka masih bersekolah," tandas Masykur.

Sebelumnya, meski usainya baru menginjak remaja, namun kelakuan 4 ABG di Situbondo ini sudah bikin geleng-geleng kepala. Keempatnya terindikasi terlibat serangkaian aksi pembobolan, hingga harus berurusan dengan polisi.

Para pelaku yang masih duduk di bangku SMP ini sudah melakukan aksi pencurian di 10 lokasi di wilayah Kecamatan Suboh, Situbondo.

Bukan hanya menggasak barang-barang kecil saja. Sasaran aksi keempat ABG ini juga meliputi laptop, perhiasan emas, hingga satu bendel mata uang uang dolar bernilai ratusan juta rupiah.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed