detikNews
Senin 14 Mei 2018, 17:42 WIB

Ini Rahasia Anak Penjaga Ponten Peraih Nilai UNBK Tertinggi se-Jatim

Enggran Eko Budianto - detikNews
Ini Rahasia Anak Penjaga Ponten Peraih Nilai UNBK Tertinggi se-Jatim Foto: Enggran Eko Budianto/File
Jombang - Meski tidak mengikuti bimbingan belajar (bimbel) di luar sekolah, Fera Febriyanti (18) mampu meraih nilai UNBK tertinggi se-Jatim tingkat SMK. Kedisiplinan yang diterapkan kedua orang tuanya menjadi salah satu pemicu keberhasilan Fera.

Fera merupakan anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Iyas (60) dan Carwin (54). Keluarga ini tinggal di Desa Mancilan, Mojoagung, Jombang. Sehari-hari, ayah Fera bekerja sebagai penjaga ponten atau toilet umum.

Kendati tergolong keluarga sederhana, Carwin dan Iyas tak sembarangan mendidik keempat anaknya. Menurut Carwin, sejak kecil Fera dan ketiga saudaranya dididik penuh dengan kedisiplinan, baik dalam hal salat, makan dan belajar.

Untuk sekadar nonton TV, Fera dan adiknya hanya diizinkan hingga sebelum salat Maghrib.

"Harus disiplin, setelah salat Maghrib deresan (baca Al Quran, red) sekeluarga, setelah itu makan malam dan belajar hingga jam 9 malam," kata ibu empat anak ini saat berbincang dengan detikcom di rumahnya, Senin (14/5/2018).


Oleh sebab itu, lanjut Carwin, Fera berprestasi sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Gadis kelahiran 11 Februari 2000 ini menjadi langganan ranking 1 atau 2 di kelasnya.

"Dari belajar di rumah saja (Fera) sudah mampu, makanya saya pikir tak usah diikutkan bimbel," ujarnya.


Fera sendiri mengaku hanya mendapatkan pembelajaran tambahan di sekolahnya, SMKN Mojoagung, Jombang sejak September 2017 untuk persiapan UNBK. Selebihnya, dia belajar sendiri di rumah.

"Kalau belajar di rumah saya lebih banyak berlatih soal-soal UNBK juga soal-soal tes masuk perguruan tinggi negeri," ungkapnya.

Fera merupakan peraih nilai UNBK tertinggi se-Jatim untuk tingkat SMK. Total nilai yang didapatkan Fera adalah 380, dengan rincian nilai Bahasa Indonesia 94, Bahasa Inggris 96, Matematika 100 dan Kompetensi 90.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed