Gubernur Jatim Minta Warga Tidak Takut Teror Bom di Surabaya

Fatichatun Nadhiroh - detikNews
Minggu, 13 Mei 2018 12:39 WIB
Foto: Istimewa
Surabaya - Gubernur Jatim Soekarwo meminta masyarakat tidak takut terorisme. Sebaliknya harus berani melawan. Sebab terorisme merusak sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Saya imbau kepada masyarakat tidak takut terorisme. Sebaliknya harus berani melawan," kata Pakde Karwo-sapaan akrab Gubernur Jatim di sela mengunjungi Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jalan Arjuna, Minggu (13/5/2018).


Pakde Karwo yang didampingi Kapolda Jatim Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Arif Rahman ini menyatakan duka mendalam kepada keluarga korban tewas dan luka. Menurutnya, Polri dan TNI bersama-sama akan melindungi masyarakat.

"Polri dan TNI sebagai kekuatan inti bersama-sama masyarakat akan melakukan pengamanan," tegasnya.


Pihaknya bersama Forkompida akan memperkuat pengamanan di semua tempat. Langkah sama juga dilakukan untuk mendeteksi dini dengan memperkuat tiga pilar, yakni kepala desa, babinkamtibmas dan babinsa.

Dia mengimbau penanganan korban ledakan bom bunuh diri dipusatkan di RSU dr Soetomo. Hingga pukul 12.00 WIB, 9 korban tewas dan 40 orang luka. Dua korban luka di antaranya petugas kepolisian yang sedang berjaga.

[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)