Polda Jatim Kirim 400 Personel Brimob ke Jakarta Amankan Aksi 115

Suryaman Candi - detikNews
Rabu, 09 Mei 2018 20:03 WIB
Apel sebelum pemberangkatan (Foto: Suryaman Candi)
Surabaya - Sebanyak 400 personel Brimob Polda Jatim dikerahkan ke Jakarta. Mereka berangkat untuk membantu mengamankan aksi 115 pada Jumat (11/5) mendatang. Ratusan personel diberangkatkan dengan kereta melalui Stasiun Pasar Turi.

"Pemberangkatan ini sehubungan dengan pengamanan ibukota terkait aksi solidaritas pada Jumat 11 Mei mendatang. Kebetulan Jatim dipercaya untuk memberangkatkan 400 personel atau 4 ssk (satuan setingkat kompi). Pasukan dipimpin Kompol Kuswara." ujar Dansat Brimob Polda Jatim Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika kepada detikcom, Rabu (9/5/2018).

Ketut berharap dengan adanya pengiriman personel ini, aksi 115 tentang bela Palestina dapat berjalan sesuai rencana. Hal ini penting mengingat isu tentang Palestina adalah isu yang sensitif di Indonesia.


"Kami harapkan aksi bisa berjalan dengan lancar, tidak ada permasalahan apapun dalam aksi tersebut." jelas Ketut.

Ketut mengatakan 400 personel Brimob berasal dari kompi-kompi di luar kota Surabaya seperti Malang, Kediri, dan lain-lain. "Anggota kami ambil dari kompi-kompi pinggir, seperti kompi Madiun, Kompi Malang, dan kediri. Sedangkan kompi-kompi di Surabaya kami persiapkan stand by di Surabaya untuk menjaga keadaan tetap kondusif," kata Ketut.

"Kami berharap aksi solidaritas bela Islam nantinya bisa berjalan lancar, juga kami harapkan apa yang menjadi aspirasi mereka bisa tersampaikan dengan tertib dan baik. Semuanya tidak ada permasalahan apalagi perselisihan atau konflik." pungkas Ketut. (iwd/iwd)