DetikNews
Selasa 08 Mei 2018, 16:59 WIB

KPK Usut Kasus Kredit Fiktif Bank Jatim Libatkan Bupati Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
KPK Usut Kasus Kredit Fiktif Bank Jatim Libatkan Bupati Mojokerto Foto: Enggran Eko Budianto/File
Mojokerto - Penyidik KPK nampaknya merambah kasus lainnya yang diduga melibatkan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP). Yakni kasus kredit fiktif Bank Jatim Cabang HR Muhammad lebih dari Rp 50 miliar.

Seperti yang dikatakan Suyanto, kontraktor. Dia menjadi salah satu orang yang hari ini diperiksa KPK di aula Wira Pratama, Mapolresta Mojokerto, Jalan Bhayangkara.


"Terkait uang dari Yudi Setiawan (terpidana kasus kredit fiktif Bank Jatim), masalah utang piutang, dari saya Rp 1 miliar, tahun 2010," katanya kepada wartawan di lokasi, Selasa (8/5/2018).

Suyanto menjelaskan, uang Rp 1 miliar tersebut pinjaman MKP dari Yudi. Saat itu dirinya hanya diminta mengantarkan uang tersebut ke MKP. Yudi sendiri saat itu direktur perusahaan yang bergerak di penyediaan buku dan alat peraga pendidikan.


"MKP waktu itu pinjam ke Yudi, keduanya baru kenal," terangnya.


Namun, sejauh ini KPK baru menetapkan Bupati MKP sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi. Dia ditahan sejak Senin (30/4). Kasus suap yang menjerat MKP terkait izin pembangunan tower telekomunikasi tahun 2015. Dalam perkara ini, MKP diduga menerima Rp 2,7 miliar dari petinggi perusahaan tower seluler.


Sementara kasus gratifikasi yang menjebloskan MKP ke tahanan terkait proyek jalan cor dan proyek lainnya di Dinas PUPR tahun 2015. Bupati 2 periode ini menjadi tersangka bersama Kadis PUPR periode 2010-2015 Zaenal Abidin. MKP dan Zaenal diduga menerima dana gratifikasi Rp 3,7 miliar.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed