Penasaran Serunya Piknik di Bawah Tebing? Mampir ke Tebing Lingga Yuk

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 08 Mei 2018 08:30 WIB
Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Sebagian besar wilayah Trenggalek merupakan kawasan pegunungan dan perbukitan, namun kontur geografis seperti ini pun menyimpan potensi wisata alam yang menarik. Salah satunya Wisata Tebing Lingga (WTL).

Tebing Lingga berada di Desa Nglebo, Kecamatan Suruh atau sekitar 20 kilometer dari pusat kota Trenggalek. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menuju ke lokasi wisata alam tersebut. Akses jalannya sendiri sudah relatif mudah.

Yang menjadi keunggulan dari destinasi wisata yang dirintis oleh Karang Taruna setempat ini adalah lokasinya yang berada di bawah kaki tebing Lingga dengan ketinggian 360 meter.

Apalagi udara di kawasan WTL cenderung masih bersih dan sejuk karena juga dikelilingi oleh kawasan hutan.


"Wisata ini masih rintisan, sehingga fasilitas yang ada di dalamnya belum kami eksporasi secara maksimal. Satu yang menarik di sini adalah ada aliran sungai yang di bawah tebing yang bisa digunakan untuk bermain anak-anak," kata Ketua Karang Taruna Desa Nglebo, Fals Yudhistira kepada detikcom, Selasa (8/5/2018).

Penasaran Serunya Piknik di Bawah Tebing? Mampir ke Tebing Lingga YukFoto: Adhar Muttaqin

Sungai itu pun menjadi favorit anak-anak untuk bermain air sepuasnya. Menurutnya pemanfaatan sungai kecil tersebut sengaja dilakukan agar para pengunjung khususnya anak-anak bisa menyatu dengan alam.

"Anak-anak jangan hanya disuguhi dengan wisata gadget saja, sesekali bermain di sungai juga penting dan menarik. Selain itu sekaligus bisa menjadi nostalgia para orang tua yang dulu suka bermain di sungai," imbuh Fals.

Di lembah tebing ini juga terdapat sirkuit tanah yang biasanya dimanfaatkan oleh pecinta otomotif untuk berlatih motor trail.

Penasaran Serunya Piknik di Bawah Tebing? Mampir ke Tebing Lingga YukFoto: Adhar Muttaqin

Lebih lanjut Fals menjelaskan, selain sungai di lokasi tersebut juga terdapat spot selfie yang menarik dan instagrammable.

"Meskipun masih berupa wisata rintisan kami sudah siapkan fasilitas penunjang berupa toilet, musala dan juga ada beberapa warung makan yang menyajikan kuliner lokal," ujar Fals.


Rencananya Karang Taruna setempat akan terus mengembangkan wisata alam itu dengan berbagai wahana yang menarik dan memacu adrenalin, salah satunya ATV serta panjat tebing.

"Kalau panjat tebing itu sebetulnya sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan memang di sini ini dulu dipakai untuk latihan panjat oleh Kopassus serta pecinta alam lainnya. Saat ini kami sedang buka aksesnya agar lebih mudah ke sana," jelasnya.

Pihaknya berharap dengan pengembangan Wisata Tebing Lingga bisa menambah destinasi wisata andalan di Trenggalek dan mampu menggerakkan sektor perekonomian masyarakat yang ada di sekitarnya. (lll/lll)